Mencegah Aliran Air Kotor Lambat & Pampat (2)

No Comments
Mencegah Aliran Air Kotor Lambat & Pampat (2)

oleh: Yusuf Fatur

Di samping faktor kemiringan instalasi pipa yang dapat Anda lihat pada Mencegah Aliran Air Kotor Lambat & Pampat (2), banyaknya belokan pipa saluran air kotor juga mempengaruhi cepat lambatnya air kotor mengalir di dalamnya. Belokan dalam hal ini adalah yang arahnya horizontal.


Semakin banyak belokan, kemungkinan mampat semakin besar. Dalam sebuah belokan saluran pipa, pasti terdapat sambungan. Nah, pada sambungan itulah potensi kotoran mengendap. Endapan semakin lama semakin banyak dan berpotensi mengganggu jalannya aliran air.

Selain itu, terdapat turbulensi (turbulence) yaitu keadaan ketika sebagian air yang mengalir berbalik arah setelah terjadi benturan pada belokan pipa. Meskipun belokan tidak tajam, turbulensi dapat mengurangi daya sorong aliran air.

Jika terpaksa harus ada belokan horizontal pada saluran pipa air kotor, masih ada solusinya. Gunakanlah bak kontrol pada setiap belokan. Bak kontrol adalah semacam bak berlubang yang menerima air kotor dari saluran buangan kamar mandi dan meneruskannya ke saluran umum (riol kota). Fungsi bak kontrol ini adalah agar ketika terjadi endapan kotoran, kita dapat mengontrol dan membersihkan dengan mudah.

Bak kontrol terbuat dari cor beton. Bagian atasnya dilengkapi besi pegangan agar mudah dibuka-tutup. Jangan lupa setiap dua minggu sekali, bak kontrol dicek. Untuk menghindari masuknya tikus, sebaiknya pada ujung pertemuan pipa dan bak kontrol diberi jeruji besi. Untuk bak kontrol dengan cabang lebih dari satu, usahakan pipa yang keluar dari bak kontrol ukurannya lebih besar dari pipa yang menuju bak kontrol.

Kalau semua itu Anda perhatikan, ritual mandi Anda akan berjalan dengan lebih nyaman. Setidaknya, Anda tidak khawatir air menggenang di telapak kaki, karena air sisa bilasan kini langsung terbuang dengan lancar.

Ilustrasi: Tony

Sumber : http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Peralatan-dan-bahan-bangunan/Artikel/Saniter/Mencegah-Aliran-Air-Kotor-Lambat-Pampat-2
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment