Skip to main content

Sindrom Carpal Tunnel, Sakit di Pergelangan Tangan


img
Jakarta, Definisi

Sindrom carpal tunnel adalah kondisi di mana tangan dan lengan merasa sakit akibat terjepitnya saraf di pergelangan tangan. Carpal Tunnel adalah terowongan sempit sebesar ibu jari yang terletak di pergelangan telapak tangan, yang terikat oleh tulang dan ligamen. Terowongan ini melindungi saraf utama tangan dan sembilan tendon yang melingkari jari.

Tekanan pada saraf akan menyebabkan rasa sakit dan melemahkan tangan yang menjadi ciri sindrom carpal tunnel. Pengobatan yang tepat dapat meringankan nyeri dan mati rasa serta mengembalikan fungsi normal tangan dan pergelangan tangan.

Gejala

Gejala sindrom carpal tunnel biasanya dimulai bertahap dari munculnya rasa sakit yang samar di pergelangan tangan, kemudian merembet ke tangan atau lengan bagian bawah.
Gejala umumnya meliputi:
1. Kesemutan atau mati rasa di tangan atau jari, kecuali jari kelingking. Sensasi ini sering terjadi ketika memegang kemudi, menelepon, membaca surat kabar atau setelah bangun tidur.

2. Nyeri yang menyebar dari pergelangan tangan sampai lengan ke bahu atau ke dalam telapak tangan atau atau ke jari, terutama setelah menggunakan tangan untuk kegiatan yang membutuhkan tenaga secara berulang-ulang. Biasanya terjadi di sisi lengan bagian bawah.

3. Rasa lemah pada tangan dan kecenderungan untuk menjatuhkan benda.

Penyebab

Sindrom carpal tunnel terjadi akibat tekanan pada saraf median di dalam carpal tunnel.
Saraf median adalah saraf yang berjalan dari lengan menuju tangan. Sinyal yang berjalan melalui saraf median memiliki fungsi motorik untuk menggerakkan otot-otot di sekitar pangkal ibu jari. Tekanan pada saraf ini memberikan sensasi ke sisi telapak ibu jari dan jari-jari, kecuali jari kelingking.

Apa pun yang mengganggu atau menekan saraf median di ruang carpal tunnel dapat menyebabkan sindrom carpal tunnel. Misalnya, patah tulang pergelangan tangan dapat mempersempit carpal tunnel dan mengiritasi saraf.

Perawatan dan Pengobatan

Beberapa orang dengan gejala sindrom carpal tunnel ringan dapat meringankan gejala dengan mengistirahatkan tangan dan melakukan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Jika gejala masih muncul dalam beberapa minggu, alternatif pengobatan lain seperti belat pergelangan tangan, obat-obatan, dan pembedahan mungkin diperlukan.

Jika kondisi ini didiagnosis sejak dini, metode tanpa pembedahan dapat membantu mengatasi sindrom carpal tunnel, meliputi:
1. Belat pergelangan tangan. Belat yang menggenggam pergelangan tangan saat tidur dapat membantu meringankan gejala kesemutan dan mati rasa di malam hari. Belat malam dapat menjadi pilihan yang baik jika penderita sedang hamil.

2. Obat anti radang dapat membantu mengurangi rasa sakit dalam jangka pendek.

3. Kortikosteroid dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit. Suntikan kortikosteroid mengurangi peradangan dan pembengkakan yang mengurangi tekanan pada saraf median.

Jika gejala masih menetap setelah mencoba terapi non-bedah, operasi mungkin menjadi pilihan terbaik. Tujuan dari operasi adalah untuk mengurangi tekanan pada saraf median dengan memotong ligamen (suatu jaringan lentur yang menghubungkan tulang rawan dan menutupi sendi) yang menekan saraf.

Selama proses penyembuhan setelah operasi, jaringan ligamen secara bertahap tumbuh kembali sambil memungkinkan memberi lebih banyak ruang untuk saraf. Operasi dapat dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda:
1. Operasi endoskopi. Endoskopi adalah suatu perangkat seperti teleskop dengan kamera kecil yang memungkinkan dokter melihat ke dalam carpal tunnel dan melakukan operasi melalui sayatan kecil di tangan atau pergelangan tangan.

2. Operasi terbuka. Dalam kasus lain, operasi dilakukan dengan membuat sayatan yang besar di telapak tangan di atas carpal tunnel dan memotong ligamen untuk membebaskan saraf.

Sumber: http://www.detikhealth.com/read/2011/08/19/090523/1706508/770/sindrom-carpal-tunnel-sakit-di-pergelangan-tangan?l991101755

Produk dibeli

Comments

Popular posts from this blog

Istilah Makanan, Minuman, dll dalam MOS / OSPEK

Bagi Adik-adik yang baru masuk ke sekolah atau universitas baru. Mungkin mendapatkan tugas yang sulit dari kakak pembina pada saat MOS / OSPEK.

Nah, sebagai permulaan, dijelasin dulu ya, apa itu MOS dan OSPEK. Baru nanti kita melanjutkan ke Istilah yang ditunggu.

Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru.
Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainn…

Pusar Udel Berair atau Sakit dan Berbau

Sudah lama nih saya mencari artikel tentang sakit pusar atau pusar berbau. Dulu saat awal pertama pusar sakit, rasanya tidak karuan, setelah periksa ke dokter katanya ada infeksi, akhirnya diberilah saya antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan satu obat alergi obat. Namun setelah rasa sakit itu hilang, sekarang kok masih tersisa bau yang dahsyat dari perut saya, kata istri saya seperti bau terasi. Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan disimak artikel dari http://christinarwen.blogspot.com.  Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?
Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh. Salah …

Pertanyaan Calon Mertua Sebelum Lamaran

Terima kasih kepada agan AaGuru yant telah membagi artikelnya di kaskus. Silakan disimak

Biasanya setelah anda sudah cukup lama berkenalan atau pacaran dengan doi anda, dan camer anda sudah merasa bahwa hubungan anda harus dipikirkan mau kemana nantinya, anda akan di interview sama camer anda pada suatu waktu untuk mengetahui seberapa serius anda dengan anaknya.

Sikap dan gerak tubuh yang diperlukan :

1. Sikap dan gerak tubuh anda sama halnya anda melamar kerjaan, jadi harus penuh keyakinan dan optimis
2. Saat pertama kali datang dan bertemu, sebaiknya anda memberikan salam dan cium tangan mereka, karena kita adalah orang timur yg senantiasa menjunjung budaya dan keramah tamahan serta menghormati karena kelak mereka akan menjadi orangtua kita juga
3. Posisi duduk harus tegak, ini menandakan agan penuh keyakinan
4. Jangan sering gerak2in anggota bdan, krn ini menandakan kalo agan gugup
5. Menjadilah pendengar yg baik, ketika camer berbicara tataplah dengan sebaik2nya
6. Jangan pernah …