Skip to main content

Memilih & Mengetahui Kode Ban Sepeda Motor


Awalnya, Anda mungkin berpikir bahwa kode ban motor tidak lebih dari huruf dan angka yang aneh dan tidak berguna. Tapi jika dilihat lebih jauh, anda akan menemukan sebuah pola pada kode-kode ini. Faktanya kode ban motor didesain untuk memberitahu anda apa yang perlu anda ketahui tentang ban tersebut, karena penggunaan ukuran ban yang salah, dapat menyebabkan kematian. Maka adalah sebuah hal yang penting untuk mengetahui kode ban sebelum anda membelinya. 
Ban merupakan bagian penting dari kendaraan bermotor, ababila ban tidak benar pasti akan menggangu perjalanan dan nyawa anda. Seperti ban bocor dan ban pecah. Terkadang permukaan ban tidak rata, yang mebuat kendaran kita tidak stabil. Banyak diantara kita yang hanya membeli ban hanya dilihat dari Bunga ban dan besar kecilnya ban untuk modifikasi tanpa memikirkan jenis dan ukuran yang diperuntukan buat apa ban itu ?
Disini akan diulas apa-apa saja fungsi ban & apa arti singkatan yg terdapat di ban sepeda motor Anda
Apa saja fungsi dari ban motor? 
  1. Sebagai pengendali arah kendaraan 
  2. Sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya 
  3. Sebagai penerus tenaga dari mesin 
  4. Sebagai sistem peredam/suspensi dari sepeda motor
Terdapat begitu banyak simbol dan kode pada ban. Apa saja arti dari simbol dan kode tersebut? 
Pada sebuah ban, dapat Anda temukan informasi seperti :
  • Ukuran ban,  
  • TWI (Tread Wear Indicator), 
  • Tipe ban: tubeless atau tubetype, 
  • Nomor Lot, 
  • Speed Simbol & Load index, 
  • Anak Panah, 
  • Hingga beban maksimum. 
Semua ini merupakan faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli ban sesuai kebutuhan Anda.

Mari kita liat angka pertama, 120/70 17, yang dikenal sebagai kode metric dan digunakan sebagai standar di dunia otomotif.

  • Angka 120 menyatakan lebar ban dalam satuan millimeter, diukur dengan garis lurus dari satu sisi ban ke sisi ban yang lain.
  • Angka 70 menyatakan aspect-ratio antara lebar dan tinggi. Semakin tinggi angka ini, maka ban akan semakin tinggi. pada kasus ini ban memiliki ketinggian 70% dari lebarnya, atau 117 mm.
  • Angka terakhir adalah 17, yaitu diameter dari velg yang dinyatakan dalam satuan inchi.
Nomor seri MT90,17, merepresentasikan ukuran ban yang sama, namun dieekspresikan dalam kode alphabetis M berarti ban ini digunakan untuk motorcycle, T berarti kode lebar, dan 90 adalah aspect ratio, dan 17 adalah diameter velg.


Kecepatan dan konstruksi ban
Selain dari kode di atas, anda juga mungkin akan menemukan huruf yang muncul, seperti 160/70VR 16, 170/60R 16V, atau dengan kombinasi yang lain. Dua huruf tambahan tersebut mewakili kelas kecepatan dan konstruksi ban
Setiap huruf pada kelas kecepatan menyatakan kecepatan maksimum yang dapat ditanggung oleh sebuah ban pada kapasitas beban yang direkomendasikan. Menaiknya angka ini dihitung dalam satuan kilometer per jam.


Huruf berikutnya menyatakan metode konstruksi ban yang digunakan
  • R berarti konstruksi radial 
  • B berarti belted bias. 
Ada lagi ? Ah ya, terakhir adalah TT atau TL yang menyatakan jenis ban
  • TT = Tube Type (ban dengan ban dalam) 
  • TL = Tube less (ban tanpa ban dalam) 
Ban tubeless adalah ban yang tidak membutuhkan tube di bagian dalam (ban dalam butyl karet) sehingga lebih aman dibanding ban biasa. Ban biasa memiliki kelemahan seperti :
  • Fitment yang tak tepat 
  • Gesekan antara ban luar dan ban dalam yang menyebabkan panas dan akhirnya meledak. 
Ban tubeless, memiliki halobutyl impermeabel yang jika digabungkan dengan velg akan membentuk seal udara. Jika ban mengalami kebocoran maka udara hanya mengalir melalui lubang kebocoran sehingga ban tak segera kempes. Sedangkan ban biasa ban dalam ketika tertusuk dapat meledak seperti balon yang mengakibatkan ban kempes secara cepat, yang dapat menyebabkan hilangnya kontrol terhadap kendaraan. Sebuah seal liquid dapat ditambahkan kepada ban tubeless untuk menghindari kempesnya ban.

Ban saya cepat habis! Kenapa ? 
Beberapa hal yang dapat mempercepat keausan ban:
  1. Tekanan angin kurang/berlebih 
  2. Beban berlebihan 
  3. Pengereman dan akselerasi yang berlebihan 
  4. Kondisi musim (Musim kemarau ban akan lebih cepat aus) 
  5. Power motor besar tetapi penggunaan ban relatif kecil 
  6. Material karet kompon ban (Kompon lunak akan lebih cepat habis daripada kompon keras) 
Cara memasang ban yang baik dan benar, seperti apa ? 
Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan pengendara dan keawetan ban diantaranya:
  1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg. 
  2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.
  3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk. 
  4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya. 
  5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya. 
  6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di dalam ban. 
  7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg. 
  8. Pastikan bahwa posisi Valve ban dalam sesuai dengan tanda posisi Valve yang tertera pada ban. 
  9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya. 
  10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban depan untuk menghindari keolengan. 
  11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem blong. 
Tips !! Cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama? Ada beberapa tips untuk Anda: 
  1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala. 
  2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama. 
  3.  Hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak, oli dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut. 
  4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah. 
  5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI. Tekanan angin ban tubeless saya berkurang secara tidak wajar padahal tidak tertusuk paku.
Tips !! Apa yang harus saya lakukan?
  1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai. 
  2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu. 
  3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu. 
  4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti ban jika diperlukan. 
  5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti. 
  6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya jika perlu.
Tips !! Pada Ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor, bagaimana ya cara saya menyimpan ban dengan baik? 
  1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV. 
  2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu yang extrim secara terus menerus. 
  3. Penyimpanan jangan ditumpuk,sebaiknya didirikan satu persatu. 
 Kata mekanik motor Ban tubeless saya tidak bisa ditambal seperti ban lain, katanya dengan cara khusus dari dalam, apa maksudnya? Ada beberapa metode dalam menambal ban tubeless, diantaranya adalah:
  1. Penambalan dari luar: Adalah metode penambalan yang paling banyak dan sering dilakukan oleh bengkel-bengkel tambal ban.Metode ini bisa dilakukan jika kebocoran pada ban tidak besar dan berada pada area crown. 
  2. Penambalan dari dalam: Adalah metode penambalan dari sisi dalam ban dengan tambahan material penambal khusus yaitu Rubber Patch. Metode ini diperlukan jika lubang kebocoran pada ban dinyatakan besar atau area kebocoran berada pada area side wall. 
Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10338297 oleh agan pwinncessegii

Comments

Popular posts from this blog

Istilah Makanan, Minuman, dll dalam MOS / OSPEK

Bagi Adik-adik yang baru masuk ke sekolah atau universitas baru. Mungkin mendapatkan tugas yang sulit dari kakak pembina pada saat MOS / OSPEK.

Nah, sebagai permulaan, dijelasin dulu ya, apa itu MOS dan OSPEK. Baru nanti kita melanjutkan ke Istilah yang ditunggu.

Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru.
Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainn…

Pusar Udel Berair atau Sakit dan Berbau

Sudah lama nih saya mencari artikel tentang sakit pusar atau pusar berbau. Dulu saat awal pertama pusar sakit, rasanya tidak karuan, setelah periksa ke dokter katanya ada infeksi, akhirnya diberilah saya antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan satu obat alergi obat. Namun setelah rasa sakit itu hilang, sekarang kok masih tersisa bau yang dahsyat dari perut saya, kata istri saya seperti bau terasi. Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan disimak artikel dari http://christinarwen.blogspot.com.  Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?
Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh. Salah …

Pertanyaan Calon Mertua Sebelum Lamaran

Terima kasih kepada agan AaGuru yant telah membagi artikelnya di kaskus. Silakan disimak

Biasanya setelah anda sudah cukup lama berkenalan atau pacaran dengan doi anda, dan camer anda sudah merasa bahwa hubungan anda harus dipikirkan mau kemana nantinya, anda akan di interview sama camer anda pada suatu waktu untuk mengetahui seberapa serius anda dengan anaknya.

Sikap dan gerak tubuh yang diperlukan :

1. Sikap dan gerak tubuh anda sama halnya anda melamar kerjaan, jadi harus penuh keyakinan dan optimis
2. Saat pertama kali datang dan bertemu, sebaiknya anda memberikan salam dan cium tangan mereka, karena kita adalah orang timur yg senantiasa menjunjung budaya dan keramah tamahan serta menghormati karena kelak mereka akan menjadi orangtua kita juga
3. Posisi duduk harus tegak, ini menandakan agan penuh keyakinan
4. Jangan sering gerak2in anggota bdan, krn ini menandakan kalo agan gugup
5. Menjadilah pendengar yg baik, ketika camer berbicara tataplah dengan sebaik2nya
6. Jangan pernah …