Skip to main content

Aktivitas Untuk Mempererat Ikatan Keluarga

Terima kasih atas artikel yang dikirimkan agan up7 di kaskus.us tentang Aktivitas Untuk Mempererat Ikatan Keluarga baiklah, silakan menyimak
 
Apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama-sama? Jadwal kerja orang tua dan padatnya aktivitas sekolah anak, belum lagi beberapa tuntutan sosialisasi. Membuat waktu yang diluangkan untuk keluarga semakin berkurang. Padahal penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan bersama keluarga bisa membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri dan menyuburan erkembangan social yang sehat dalam dirinya. Jadi, betapa sibuknya, meluangkan waktu berkualitas selayaknya tetap dijadikan prioritas tiap anggota keluarga. Berikut ini adalah tips memilih aktivitas untuk mempererat ikatan keluarga:

1. Ketika waktunya memungkinkan, pastikan seluruh anggota keluarga hadir di meja makan. Apakah itu makan pagi atau makan malam, usahakan Anda dan keluarga bisa duduk bersama dan menikmati makanan yang tersedia dalam situasi yang relaks dan menyenangkan. Coba berbagi cerita tentang apa saja yang terjadi atau rencana kegiatan Anda pada hari itu. Yang terpenting, jangan hiraukan telepon yang masuk saat Anda menjalani ‘ritual’ tersebut,kecuali Anda tahu bahwa telepon yang masuk adalah telepon emergency. Karena ini adalah waktu sakral bagi keluarga Anda, jadi pastikan tidak ada interupsi.

2. Setidaknya sekali seminggu, buat acara nonton film di ruang keluarga atau pergi ke bioskop.
Bila ukuran keluarga Anda tergolong besar, menonton di rumah mungkin jadi ilihan yang lebih ringan di kantong dan realistis. Untuk menciptakan suasana bisokop, buat saja popcorn aneka rasa, susun beberapa bean bag di deapn TV, lalu redupkan lampu. Juga pastikan film yang diputar adalah film yang dipilih berdasarkan kesepakatan bersama. Supaya lebih seru, buat aneka macam tema untuk acara nonton bersama ini lalu tentukan dress code sesuai tema film, sebagai ‘tiket masuk’ ke dalam ‘bioskop’.

3. Datangi event special yang melibatkan salah satu anggota keluarga Anda. Misalnya, saat si bungsu akan pentas music di sekolahnya, atau ketika ibu menjadi salah satu panitia kegatan bhakti social di lingkungan rumah. Bawa seluruh anggota keluarga sehingga mereka bisa belajar untuk saling menghargai dan memberikan dukungan.

4. Cari satu kegiatan atau minat yang bisa menyatukan seluruh keluarga. Misal dengan mencoba kegiatan bersepeda, camping, atau sekedar bermain monopoli di dalam rumah. Dengan memiliki minat yang sama, Anda dan keluarga memiliki satu hal yang bisa menjadi ikatan. Hal ini juga bisa menjadi bahan pembicaraan menarik di meja makan.

5. Buat satu proyek yang bisa Anda kerjakan bersama. Misalnya, bila halaman rumah Anda cukup luas, uslkan membuat taman keluarga bersama-sama. Menyusun album foto keluarga atau scrapbook juga bisa dijadikan kegiatan yang menyenangkan. Biarkan tiap anggota keluarga mengusulkan desain yang mereka inginkan lalu biarkan mereka mewujudkannya di dalam album. Biarkan saja tidak sama, yang penting tiap anggota keluarga merasa berkontribusi dalam proyek tersebut.

6. Sebulan sekali, bila anggaran keluarga memungkinkan, tak ada salahnya makan malam di restoran. Sekali-kali, tak perlu memikirkan makanan apa yang akan dimasak, tidak juga Anda repot-repot mempersiapkan makanan dan segala perabotannya. Duduk dan nikmatin saja makanan yang tersedia. Cara ini juga bisa mempersiapkan si kecil menghadapi lingkungan rumah dan belajar bersosialisasi.

7. Rencanakan kegiatan liburan melalui masukan dari seluruh anggota keluarga. Beberapa minggu sebelum acara liburan, kumpulkan seluruh anggota keluarga –termasuk kakek dan nenek, jika Anda memutuskan untuk mengajak mereka- untuk rapat perencanaan. Liburan yang berkesan meninggalkan memori yang menyenangkan di dalam ingatan, baik buat Anda maupun si kecil.

8. Manfaatkan teknologi yang ada. Untuk keluarga besar yang anggotanya ‘tercerai-berai’ di beberapa lokasi yang berjauhan, kenapa tak membuat akun khusus di media sosialisasi di internet, seperti facebook atau Blackberry Message (BBM)? Buat satu grup khusus untuk mengeluarkan keluarga besar Anda. Dengan cara ini, Anda bisa saling berbagi cerita, serta bertukar pesan dan foto serta selalu update dengan kabar terbaru dari anggota keluarga lain. Seru bukan?

9. Fleksibel dan Kreatif. Jangan terpaku pada satu aturan. Bila makan malam tak memungkinkan, ganti dengan acara piknik di akhir pecan. Modal utama Anda bukan uang, melainkan waktu dan ide-ide kegiatan yang menarik.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8449721

Comments

Popular posts from this blog

Istilah Makanan, Minuman, dll dalam MOS / OSPEK

Bagi Adik-adik yang baru masuk ke sekolah atau universitas baru. Mungkin mendapatkan tugas yang sulit dari kakak pembina pada saat MOS / OSPEK.

Nah, sebagai permulaan, dijelasin dulu ya, apa itu MOS dan OSPEK. Baru nanti kita melanjutkan ke Istilah yang ditunggu.

Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru.
Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainn…

Pusar Udel Berair atau Sakit dan Berbau

Sudah lama nih saya mencari artikel tentang sakit pusar atau pusar berbau. Dulu saat awal pertama pusar sakit, rasanya tidak karuan, setelah periksa ke dokter katanya ada infeksi, akhirnya diberilah saya antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan satu obat alergi obat. Namun setelah rasa sakit itu hilang, sekarang kok masih tersisa bau yang dahsyat dari perut saya, kata istri saya seperti bau terasi. Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan disimak artikel dari http://christinarwen.blogspot.com.  Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?
Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh. Salah …

Pertanyaan Calon Mertua Sebelum Lamaran

Terima kasih kepada agan AaGuru yant telah membagi artikelnya di kaskus. Silakan disimak

Biasanya setelah anda sudah cukup lama berkenalan atau pacaran dengan doi anda, dan camer anda sudah merasa bahwa hubungan anda harus dipikirkan mau kemana nantinya, anda akan di interview sama camer anda pada suatu waktu untuk mengetahui seberapa serius anda dengan anaknya.

Sikap dan gerak tubuh yang diperlukan :

1. Sikap dan gerak tubuh anda sama halnya anda melamar kerjaan, jadi harus penuh keyakinan dan optimis
2. Saat pertama kali datang dan bertemu, sebaiknya anda memberikan salam dan cium tangan mereka, karena kita adalah orang timur yg senantiasa menjunjung budaya dan keramah tamahan serta menghormati karena kelak mereka akan menjadi orangtua kita juga
3. Posisi duduk harus tegak, ini menandakan agan penuh keyakinan
4. Jangan sering gerak2in anggota bdan, krn ini menandakan kalo agan gugup
5. Menjadilah pendengar yg baik, ketika camer berbicara tataplah dengan sebaik2nya
6. Jangan pernah …