Skip to main content

Ingin Ruang Sempit jadi Lega? Manfaatkan Area Vertikal

Hunian sesuai karakter, adalah solusi untuk memperkuat interaksi antara kita dan lingkungan. Memanfaatkan setiap ketinggian jadi ruang fungsional, akan melegakan ruang, dan perkuat karakter ruang.
Desain hunian pun tak hanya berurusan dengan caramendapatkan rasa aman, nyaman, dan tempat yang teduh. Desain hunian kini mengakomodasi kemampuan untuk mengarahkan seseorang untuk mengubah perilakunya sesuai dengan aturan yang ada di lingkungan tempat hunian itu berdiri. Hidup di apartemen contohnya, semakin banyak orang yang “dipaksa” untuk berubah, atau minimal menyesuaikan diri. Penghuni apartemen secara tak langsung akan lebih memperhatikan kondisi eksternal huniannya, keamanannya, dan utilitas bangunannya (termasuk suplai listrik dan air).
Lalu bagaimana cara mendapatkan hunian yang bisa sesuai karakter atau bisa mengubah karakter kita jadi jauh lebih baik? Ada beberapa cara seperti berikut:-
-      Memanfaatkan desain fungsional, terolah secara vertikal . Hidup tak hanya berlangsung di lantai ruangan, tapi di setiap ketinggian ruangan kita bisa dimaksimalkan menjadi ruang yang fungsional. Memaksimalkan setiap ketinggian menjadi ruang-ruang yang lebih hidup akanmembuat kita menyadari hal-hal baru tentang potensi diri yang bisa dimaksimalkan lebih lanjut. Contoh termudah adalah memanfaatkan lemari menjadi area tangga di apartemen berukuran 3mx3m karya arsitek Raul Renanda. Lemari buku yang fungsional untuk buku, dimanfaatkan ketinggiannya untuk menjadi fungsional bagi kaki yang menapak mencapai dipan di area atas.
-      Memanfaatkan sisa-sisa ruangan menjadi “milik” panca indera kita. Sudut ruang seringkali menjadi prioritas terakhir, baik secara pemanfaatannya maupun perawatan setelah dimanfaatkan menjadi ruang-ruang dihunian kita. Permainan warna bisa jadi solusi agar area sudut bisa lebih hidup tak menjadi “lost space” yang mengurangi kualitas ruang. Kualitas ruangan akan terasa saat penghuni bisa merasakan keterkaitan secara positif dengan ruang yang ia tempati.
-      Gunakan material sebagai media untuk mengembangkan daya pikir dan daya apresiasi . Rumah adalah surga kita saat seluruh jiwa dan raga bisa terkait dengan desain hunian yang kita tempati. Hunian bisa terkait secara kontemplatif, dimana ruang-ruang di setiap hunian memberikan inspirasi dan “ruang interaksi” bagi penglihatan, penciuman, perasa, pendengaran, dan pengecapan.
Foto: iDEA/Indra Zaka Permana
Desain: Raul Renanda

Sumber : http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Ruang-keluarga/Artikel/Ingin-Ruang-Sempit-jadi-Lega-Manfaatkan-Area-Vertikal

Comments

Popular posts from this blog

Istilah Makanan, Minuman, dll dalam MOS / OSPEK

Bagi Adik-adik yang baru masuk ke sekolah atau universitas baru. Mungkin mendapatkan tugas yang sulit dari kakak pembina pada saat MOS / OSPEK.

Nah, sebagai permulaan, dijelasin dulu ya, apa itu MOS dan OSPEK. Baru nanti kita melanjutkan ke Istilah yang ditunggu.

Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru.
Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainn…

Pusar Udel Berair atau Sakit dan Berbau

Sudah lama nih saya mencari artikel tentang sakit pusar atau pusar berbau. Dulu saat awal pertama pusar sakit, rasanya tidak karuan, setelah periksa ke dokter katanya ada infeksi, akhirnya diberilah saya antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan satu obat alergi obat. Namun setelah rasa sakit itu hilang, sekarang kok masih tersisa bau yang dahsyat dari perut saya, kata istri saya seperti bau terasi. Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan disimak artikel dari http://christinarwen.blogspot.com.  Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?
Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh. Salah …

Pertanyaan Calon Mertua Sebelum Lamaran

Terima kasih kepada agan AaGuru yant telah membagi artikelnya di kaskus. Silakan disimak

Biasanya setelah anda sudah cukup lama berkenalan atau pacaran dengan doi anda, dan camer anda sudah merasa bahwa hubungan anda harus dipikirkan mau kemana nantinya, anda akan di interview sama camer anda pada suatu waktu untuk mengetahui seberapa serius anda dengan anaknya.

Sikap dan gerak tubuh yang diperlukan :

1. Sikap dan gerak tubuh anda sama halnya anda melamar kerjaan, jadi harus penuh keyakinan dan optimis
2. Saat pertama kali datang dan bertemu, sebaiknya anda memberikan salam dan cium tangan mereka, karena kita adalah orang timur yg senantiasa menjunjung budaya dan keramah tamahan serta menghormati karena kelak mereka akan menjadi orangtua kita juga
3. Posisi duduk harus tegak, ini menandakan agan penuh keyakinan
4. Jangan sering gerak2in anggota bdan, krn ini menandakan kalo agan gugup
5. Menjadilah pendengar yg baik, ketika camer berbicara tataplah dengan sebaik2nya
6. Jangan pernah …