Menggabungkan / Merge Beberapa Kontak Telepon Menjadi satu File VCF

3 comments
Semoga ini salah satu tips yang berguna bagi Anda semua. Kali ini saya akan membahas masalah vCard, jadi ceritanya seperti ini. Kemarin ada atasan saya yang tiba-tiba mampir pada detik-detik menjelang jam kerja habis. Tanpa alasan yang jelas, terjadilah dialog antara kami berdua, karena tidak ada orang selain saya di dalam ruangan :). Kurang lebih dialognya seperti ini.

"Kamu tahu cara memindahkan kontak telepon ke blackbery?" tanya atasan saya tersebut.
"Waduh Pak, saya belum pernah megang blackberry sih Pak" saya memberikan info, karena memang saya tidak punya blackberry (semoga setelah saya posting artikel ini ada yang ngasih gratis, hehe)
Tanpa mau menerima alasan saya, kemudian beliau langsung memberi informasi lagi
"HP saya yang lama Nokia E90, kontaknya mau saya pindahkan ke blackberry" sergahnya, sembari menunjukkan blackberry-nya.
"HP Nokie E90-nya mana Pak?" tanya saya kepada beliau setelah jeda yang agak lama, karena saya tidak tahu caranya. Namun dengan segenap hati, saya mau mencoba hal yang baru.
"Baik, saya ambilkan dulu ya Nokia-nya" sahutnya. Seketika itu juga Beliau kembali ke ruangan untuk mengambil HP
Saya menunggu beberapa saat sembari mencari-cari informasi yang dapat digunakan nanti. Setelah itu, muncullah Beliau, yang kemudian memberikan Nokia miliknya kepada saya



Pertama, yang saya lakukan adalah mentransfer kontak Nokia ke Blackberry melalui Bluetooth, namun apa yang terjadi, si Blackbery menolak untuk menerima hubungan dari si Nokia, kasihan si Nokia.
Kemudian saya mencoba mentrasfer ke HP Android Xperia X8 saya (promosi ceritanya ini), Nah loh, langsung nyaut saja nih Nokia dan Sony Ericson.

"Kalau dicoba dengan menggunakan kabel bisa nggak?" tanya Atasan lagi, karena blackbery-nya tidak bisa menerima bluetooth.
"Saya coba dulu ya Pak" dengan sigap, saya langsung mengambil kabel data, untung saja kabel untuk Nokia-nya sama dengan kabel HD Eksternal kantor. Serta merta saya sambungkan.

Ahh, kenapa juga nih hape Nokia minta PC Suite untuk ambil kontaknya. Terpaksalah saya mendownload software PC Suite dari nokia.com. Kemudian saya persilakan untuk Bapak Atasan untuk sabar menunggu, karena koneksi internetnya agak minta ampun.

Akhirnya selesai juga download-mendownloadnya setelah 30-40an menit menunggu. Lalu saya coba ambil kontak, tetapi kok tidak bisa semua kontak ya? yang saya maksudkan di sini adalah, HP Sony Ericson saya yang lama, bisa menyimpan kontak menjadi satu kesatuan (whole contact.vcf), sehingga mempermudah ketika mengirim agar dapat diimport ke HP yang baru.
Akan tetapi kenapa Nokia tidak bisa ya? dengan sedikit kecewa, saya mengcopy-nya dulu ke Hard Disk, sebagai jaga-jaga dan mentransfernya lewat kabel nantinya.

Ketika saya menghubungkan blackberry dengan komputer, kenapa juga blackberry minta software-nya juga ya? kacau nih, memang selama ini sony yang gampang (Xperia saya sudah termasuk software di memory-nya, langsung autorun ketika butuh install). Akhirnya, saya mencoba mengirim 1 kontak melalui email, ke email Beliau, "Gmail saja" katanya.

Saya harus memutar otak lagi ini, agar bisa menggabungkan kontaknya, agar bisa dikirim jadi satu kontak (whole contact.vcf), dan yang penting tidak membingungkan.
Saya kirimkan dalam format .zip, tetapi hasilnya sama saja, import contactnya di blackbery juga harus satu persatu, tambah stress nih. Namun waktu sudah kian malam, saya harus menunaikan ibadah dulu ini.

Dan Alhamdulillah, karena mungkin sudah terlalu larut, dan mungkin Beliau agak sedikit kecewa, akhirnya Beliau entah kemana. Namun saya masih mencoba trick untuk menggabungkan file vcf yang banyak tadi.

Nah, sebenarnya ini yang mau saya sampaikan dari awal. Langkah untuk menggabungkan beberapa file vcf menjadi satu :
  1. Masuk ke Command Prompt dari Windows Anda, caranya bisa dengan mengklik Start Menu > Run > Ketik "CMD" (tanpa petik) > Enter
  2. Masuk ke directory dimana beberapa file vcf berada. Contoh ( cd D:\simpen_kontak) > enter
  3. Kemudian ketikkan perintah ini "copy *.vcf semua_kontak.vcf" > Enter

kurang lebih seperti gambar di atas.

akhirnya, jadilah "semua_kontak.vcf" yang telah kita buat tadi.

Berlanjut ke jalan cerita, kemudian saya kirimkan kembali semua_kontak.vcf agar dapat diimport secara keseluruhan di Blackberry, tapi menurut laporan dari Atasan saya, ternyata blackberry tidak bisa menyimpan  keseluruhan kontak secara bersamaan 


Sumber : http://www.creativeworld9.com/2011/04/how-to-combine-all-vcf-files-to-single.html
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments

  1. FIKRI MUHAMMAD WAFIAugust 17, 2014 8:27 AM

    thx gan udah ane coba bermanfaat juga gan , nanti kalo ada problem ane tayain ke ente ya gan heheh :D

    ReplyDelete