Cermin pada Dinding Bisa untuk Meluaskan Ruang dan Mematut Diri

No Comments

Cermin pada Dinding Bisa untuk Meluaskan Ruang dan Mematut Diri
Cermin bukan hanya benda untuk membantu orang mamatut diri. Cermin bisa diaplikasikan sebagai elemen dekoratif pada dinding ruang .
Sebagai sebuah benda yang memantulkan cahaya dan benda di hadapannya, cermin dapat dipergunakan untuk berbagai kepentingan. Dulu mungkin orang lebih mengenail cermin sebagai benda untuk mematut diri. Sekarang fungsi cermin sedikit lebih luas.
Dalam dunia interior, cermin antara lain dipergunakan untuk memberikan efek dekoratif dan psikologis pada ruang. Efek dekoratif bisa tercipta dengan mengolah dan menempatkan cermin di tempat tertentu pada dinding. Untuk itu, cermin perlu "dihias" sehingga sosoknya menjadi lebih menarik daripada sekadar kaca yang berkilau. Misalnya dengan membingkai cermin dengan bingkai persegi, berukir, atau bingkai warna-warni, dan kemudian menggantungkannya pada dinding ruangan. Dengan begitu diharapkan cermin berikut bingkainya tampil sebagai poin yang menarik pada sebuah ruangan.
Berbeda halnya dengan efek dekoratif, efek psikologis lebih mudah diciptakan. Efek positif penggunaan cermin di dalam ruangan antara lain adalah "meluaskan ruang". Efek positif ini boleh dikata paling mudah diperoleh. Cermin cukup ditempelkan pada dinding, dan efek lebih luas pun bisa diperoleh.
Misalkan pada foto. Sebuah cermin besar dipasang memenuhi salah satu dinding ruangan. Cermin ini "dibingkai" kayu. Bingkai dimaksudkan untuk menegaskan keberadaan cermin pada ruangan.
Untuk membuat cermin seperti dalam foto pun sebetulnya mudah. Yang utama adalah pesanlah ukuran cermin yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau ingin menutup salah satu dinding ruang seperti pada foto, mungkin Anda akan membutuhkan cermin dengan ukuran 2,5m (disesuaikan dengan tinggi ruangan), dan 3m (disesuaikan dengan lebar dinding yang ingin dilapis cermin). Untuk membuat cermin tak jatuh, tempelkan kaca cermin pada papan multipleks yang ukurannya pun harus disesuaikan dengan ukuran cermin dan dinding. Penempelan cermin ke papan harus rapat dan erat, agar cermin tak jatuh dan melukai orang di dekatnya.
Setelah jadi, tentu efek ruang yang luas pun bisa diperoleh. Buat Anda yang ingin narsis, mengaca pun bisa langsung dilakukan tanpa perlu ke kamar tidur atau kamar mandi.

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman
Editor: Rasantika M. Seta

Sumber : http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Aksesori/Artikel/Cermin-pada-Dinding-Bisa-untuk-Meluaskan-Ruang-dan-Mematut-Diri
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment