Jika Anda Lupa Pin Token / eSecure Rekening

16 comments

Selamat Pagi pengunjung, kejadian ini baru saja saya alami, setelah BNI eSecure saya kesingsal (hilang) akhirnya ketemu lagi di laci meja kerja. Sebenarnya sudah ada niat untuk mengganti yang baru, tapi mungkin nih e-secure masih ingin bersama daku, hehehe.

Pada BNI e-secure pas saya pencet tombol panah segitiga yang paling bawah, sebelahnya angka 0 ternyata saya pernah salah memasukkan pin 1 (satu) kali, pada layar muncul "FAIL 1" buju buneng nih, kemudian dengan segenap tenaga saya mengingat-ingatnya, tapi yang terjadi kepala saya gatal sendiri. Saya mencoba memasukkan seperti di Token Mandiri saya, tapi hasilnya sangat disayangkan sekali bung pada layar BNI e-secure muncul tulisan "FAIL 2" oh tidaaakkk. Saya mencoba memasukkan tanggal lahir dengan rasa ketar-ketir akhirnya habislah perjuanganku, pada layar muncul tulisan "FAIL 3" dan di bagian atas muncul tulisan LOCK disertai PIN lain. Saya coba mencari referensi di google, tapi ternyata tidak ada.

Akhirnya dengan memberanikan diri saya menelpon ke Call Center BNI di 500046, Kemudian terdengar suara wanita tapi tidak bisa diajak ngomong, itulah mungkin yang disebut dengan IVR (masih ingat sedikit-sedikit dengan pengalaman training call center di DISJAYA dulu). Mbaknya IVR memberi berbagai saran, pilih "1" untuk layanan dengan bahasa inggris, dan lain-lain, akhirnya saya memilih untuk berbicara dengan agent sajalah. Dengan berharap bahwa yang mengangkat agen yang cewek, hehehe,

"Selamat pagi dengan ..... (sensor, nanti malah jadi pergunjingan) ada yang bisa kami bantu?"

"Iya mbak, mau minta tolong BNI e-secure saya terblokir, karena saya salah memasukkan pin 3 kali mbak."

"Baik bapak, ketika bapak tekan tombol segitiga apakah ada nomor pin reset? agar dapat disampaikan kepada kami."

"Sebentar ya mbak saya pencetnya dulu tombol segitiganya", (sembari menekan tombol di pin BNI e-secure, eh muncul pin ternyata),

"oh iya mbak, ini ada pin, pinnya XXXXXX" (karena alasan keamanan, maka saya kasih simbol X saja ya).

"Baik Bapak saya ulangi, pin nya XXXXXX",

"Benar mbak".

"Terima kasih bapak sudah membantu, kalau boleh tahu nomor rekening bapak berapa ya?"

"Bentar lagi ya mbak, saya harus nyari buku tabungan nih". (Busyet dah, ane kelupaan bawa buku tabungan, ane ubek-ubek nih meja, untungnya ada amplop dari BNI dan disitu tertera no rekening ane).

"Oh iya ini mbak nomor rekening saya."

"Terima kasih bapak, kalau boleh tahu alamat dan nama ibu dari Bapak Nafi?".

"Saya sudah pindah rumah mbak, tapi pas dulu buat rekeningnya alamat saya masih di bla.bla..... dan nama ibu saya ".

"Baik bapak Nafi, terima kasih sekali lagi atas informasinya, bapak Nafi, ini kami beri nomor pin untuk RESET di BNI e-secure bapak ya, mohon dapat langsung dimasukkan. Pin RESET-nya XXXXXX"

(Sambil mengulangi pin yang diberikan oleh mbak Operator, saya menekan tombol segitiga kembali dan muncul entrian, kemudian sayapun langsung memasukkan pin yang diberikan oleh operator tsb)

"Mbak, ini kok muncul tulisan new pin ya? Apakah ini untuk pin baru?"

"Oh iya bapak benar sekali, silakan diisi nomor pin bapak yang baru." (Saya masukkan pin yang baru, serta konfirmasi pin sekali lagi).

"Setelah saya masukkan pin konfirmasi kok ada tulisan APPLYnya ya mbak?"

"iya bapak, BNI e-secure bapak sudah dapat digunakan untuk transaksi kembali."

"Baik mbak, terima kasih sekali atas bantuannya dan selamat siang mbak". (sembari menutup telepon)

Nah, begitulah caranya kurang lebih, namun untuk pin/atm/kartu kredit, sebisa mungkin jangan melakukan hal aneh seperti di atas.

Oh iya, sebagai tambahan. Berikut adalah nomor-nomor call center dari bank-bank yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda:

Nama BankNomor Call Center
BCA(021) 2556 3388 atau 500888
Bank Mandiri 14000 atau (021) 52997777
BNI  500046
BRI  14017 atau 6221-57987400
ANZ  500269
Bank Mega (021) 7917 5555
CIMB Niaga 14041
Bank Danamon 67777
Bank Bukopin 14005
OCBC NISP 500999 atau HP 66999
Bank Panin
500678 (PSTN)
Rabobank  500080
Standard Chartered  (021)57999988 atau 68000
UOB  14008 atau (021) 2355 9000


Terima kasih
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

16 comments

  1. nice post
    thank's

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat gan ane udah fail 2 nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. omong-omong, sudah tidak masalah nih tokennya?

      Delete
  3. makasi bang,,,,,saat ini bni e-secure ku ke blokir,,,,,,

    ReplyDelete
  4. Gimana ya? Token BNI ane pas dipencet tombol segitiga, mucul nomor xxxxxxx. Diatasnya ada tulisan LOCK dan PIN.

    Ada yang tahu solusi biar tetap bisa digunakan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Pak Ridhwan,

      itu adalah kode acak yang digenerate oleh token Anda, karena sudah salah menginputkan pin sebanyak 3x
      Silakan untuk menghubungi CS dari BNI.
      Nanti Bapak akan ditanya data diri, tapi tenang saja, dan jawab apa adanya

      Nah, pin yang muncul ketika dipencet "segitiga" nanti akan ditanyakan oleh CS.

      Dengan kode tersebut yang disebutkan, nantinya berfungsi untuk proses sinkronisasi kembali data di server BNI dan token.

      setelah itu, bapak akan diberitahukan PIN reset oleh CS BNI.

      Baru token bapak bisa digunakan kembali.

      Selamat mencoba, semoga berhasil

      Delete
  5. Ha ha barusan reset PIN juga saya.
    Kok bisa sampe keblokir yah? Perasaan saya masukin PIN yang bener :D
    Btw. Trims buat artikelnya Pak Nafi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tokennya sedang ngambek Pak.
      jualan design ya Pak?

      ada email? atau alamat facebook yang bisa dihubungi gak Pak?
      ingin pesen juga nih

      Delete
    2. master.limbad8@gmail.com
      https://www.facebook.com/merizart
      desain......

      Delete
  6. Trms alot, coba aah... Sy dah fail 2x... Postingan yg sangat membantu !! :)

    ReplyDelete
  7. Akhirnya... Thx postingannya.., sangt bermanfaat :) saya dah fail 2x..... Perasaan mencet pin yg bener hehe.. Salam.

    ReplyDelete
  8. sepertinya skrg sdh tidak semudah dlu. saya jg sudah berhasil menghubungi call center, tetapi untuk unblokir sdh tdk bisa melalui telpon. harus mengisi formulir ke kacab pembukaan rekening. sekian informasinya.

    ReplyDelete