Bird Song oleh Letto

No Comments

Sudah begitu lama, sejak terakhir kali nge-blog, hampir 1 (satu) tahun, karena kesibukan di dunia nyata. Kembali lagi nge-posting karena sedang suntuk pikiran akan pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Dengan tidak sengaja ketik awal membuka Youtube ada letto lagi konser dengan judul "Letto - Bird Song Live at Romantic Tunes #5", saya kira letto dengan sabrang sebagai vokalis sedang cover lagu dari siapa ini, mulailah pencarian dengan mbah Google, ternyata waladalah jebulnya ini adalah lagu dari letto sendiri dari Album lethological, sompret tenan, walaupun sering denger lagu-lagu letto, baru kali ini saya mendengarkan lagu ini, terlalu banyak mendengarkan lagu yang berisi percintaannya saja sih (permintaan hati, ruang rindu, dll).

Dan liriknya lebih kopet lagi, seperti ini, silakan dibaca ya

Lirik Lagu "Bird Song" oleh Letto

A little bird singing a love song
that her mother taught
That little bird somehow sings
it over and over

She flies very high try to find
the place she first learnt to fly
She flies so very high
She wants to seek an answer from the sky

On a misty mountain over the clear water river
But there's no misty mountain
let alone a clear water river

And she just wants to go home
She just wants to be at home
On a misty mountain
But now turned into barren

She just wants to be singing
when the sun rise in the morning
On a misty mountain
But now turned into barren

She doesn't know what happened
All of those trees has been cut down
In the name of humanity
The river runs dry
Because now clouds refuse to cry

Back to Reff
If I could
Then I would
Try to make us all
Care bout her call

(Songwriters: Sabrang Mowo Damar Panuluh / Agus Riyono)

Tidak sampai di sini coy, kali ini saya hanya ingin memberikan opini saya terkait lagu ini, sekali-kali ngereview lah yak

Bercerita tentang burung kecil yang suka bernyanyi lagu yang telah diajarkan ibu burung, entah kenapa si burung kecil menyanyikannya terus menerus, kemudian dia ingin mencari dimanakah tempat ia pertama belajar dengan terbang begitu tingginya untuk mencari jawaban dari langit, yaitu di sebuah gunung yang berkabut di atas sungai jernih.

Tapi apa yang ditemukannya kini, hanya padang tandus, tidak ditemukan lagi gunung berkabut dan sungai yang jernih. Yang diinginkan burung kecil sebenarnya hal yang sederhana ingin pulang dan bernyanyi kembali. Namun dia tidak tahu apa yang telah terjadi terhadap kampung halamannya, semua pepohonan menjadi gundul atas nama kemanusiaan, sungai mengering karena awan-pun ngambek walaupun sekedar mengeluarkan air matanya.

Tapi menurut saya, sebagai orang awam, seringkali kita mengatasnamakan "kejahatan" kita terhadap alam, sesama, semesta atas nama kemanusiaan, sebenarnya apakah yang dibutukan manusia? hanya ketenangan ketika tua nanti-nya, menyukai keindahan ciptaan, natural, alami dan hanya ingin mengenang kenangan masa kecil dulu.

Namun apa yang kita perbuat, bahwa seringkali kita walaupun secara tidak langsung telah merusak alam, seperti membuang sampah sembarangan, pencemaran lingkungan, suka hal yang instan, dan kita terkadang lupa pada ibu pertiwi yang telah menunjukkan kita keindahannya.

Sekian saja lah, maturnuwun

Ini Videonya, bagi yang mencari-cari, menurut saya video ini yang suaranya cukup bagus, walau beberapa liriknya ada yang keliru (tapi secara keseluruhan, joss)


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment