Selamat Pagi pengunjung, kejadian ini baru saja saya alami, setelah BNI eSecure saya kesingsal (hilang) akhirnya ketemu lagi di laci meja kerja. Sebenarnya sudah ada niat untuk mengganti yang baru, tapi mungkin nih e-secure masih ingin bersama daku, hehehe.
Pada BNI e-secure pas saya pencet tombol panah segitiga yang paling bawah, sebelahnya angka 0 ternyata saya pernah salah memasukkan pin 1 (satu) kali, pada layar muncul "FAIL 1" buju buneng nih, kemudian dengan segenap tenaga saya mengingat-ingatnya, tapi yang terjadi kepala saya gatal sendiri. Saya mencoba memasukkan seperti di Token Mandiri saya, tapi hasilnya sangat disayangkan sekali bung pada layar BNI e-secure muncul tulisan "FAIL 2" oh tidaaakkk. Saya mencoba memasukkan tanggal lahir dengan rasa ketar-ketir akhirnya habislah perjuanganku, pada layar muncul tulisan "FAIL 3" dan di bagian atas muncul tulisan LOCK disertai PIN lain. Saya coba mencari referensi di google, tapi ternyata tidak ada.
Akhirnya dengan memberanikan diri saya menelpon ke Call Center BNI di 500046, Kemudian terdengar suara wanita tapi tidak bisa diajak ngomong, itulah mungkin yang disebut dengan IVR (masih ingat sedikit-sedikit dengan pengalaman training call center di DISJAYA dulu). Mbaknya IVR memberi berbagai saran, pilih "1" untuk layanan dengan bahasa inggris, dan lain-lain, akhirnya saya memilih untuk berbicara dengan agent sajalah. Dengan berharap bahwa yang mengangkat agen yang cewek, hehehe,
"Selamat pagi dengan ..... (sensor, nanti malah jadi pergunjingan) ada yang bisa kami bantu?"
"Iya mbak, mau minta tolong BNI e-secure saya terblokir, karena saya salah memasukkan pin 3 kali mbak."
"Baik bapak, ketika bapak tekan tombol segitiga apakah ada nomor pin reset? agar dapat disampaikan kepada kami."
"Sebentar ya mbak saya pencetnya dulu tombol segitiganya", (sembari menekan tombol di pin BNI e-secure, eh muncul pin ternyata),
"oh iya mbak, ini ada pin, pinnya XXXXXX" (karena alasan keamanan, maka saya kasih simbol X saja ya).
"Baik Bapak saya ulangi, pin nya XXXXXX",
"Benar mbak".
"Terima kasih bapak sudah membantu, kalau boleh tahu nomor rekening bapak berapa ya?"
"Bentar lagi ya mbak, saya harus nyari buku tabungan nih". (Busyet dah, ane kelupaan bawa buku tabungan, ane ubek-ubek nih meja, untungnya ada amplop dari BNI dan disitu tertera no rekening ane).
"Oh iya ini mbak nomor rekening saya."
"Terima kasih bapak, kalau boleh tahu alamat dan nama ibu dari Bapak Nafi?".
"Saya sudah pindah rumah mbak, tapi pas dulu buat rekeningnya alamat saya masih di bla.bla..... dan nama ibu saya ".
"Baik bapak Nafi, terima kasih sekali lagi atas informasinya, bapak Nafi, ini kami beri nomor pin untuk RESET di BNI e-secure bapak ya, mohon dapat langsung dimasukkan. Pin RESET-nya XXXXXX"
(Sambil mengulangi pin yang diberikan oleh mbak Operator, saya menekan tombol segitiga kembali dan muncul entrian, kemudian sayapun langsung memasukkan pin yang diberikan oleh operator tsb)
"Mbak, ini kok muncul tulisan new pin ya? Apakah ini untuk pin baru?"
"Oh iya bapak benar sekali, silakan diisi nomor pin bapak yang baru." (Saya masukkan pin yang baru, serta konfirmasi pin sekali lagi).
"Setelah saya masukkan pin konfirmasi kok ada tulisan APPLYnya ya mbak?"
"iya bapak, BNI e-secure bapak sudah dapat digunakan untuk transaksi kembali."
"Baik mbak, terima kasih sekali atas bantuannya dan selamat siang mbak". (sembari menutup telepon)
Nah, begitulah caranya kurang lebih, namun untuk pin/atm/kartu kredit, sebisa mungkin jangan melakukan hal aneh seperti di atas.
Oh iya, sebagai tambahan. Berikut adalah nomor-nomor call center dari bank-bank yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda:
Nama Bank | Nomor Call Center |
---|---|
BCA | (021) 2556 3388 atau 500888 |
Bank Mandiri | 14000 atau (021) 52997777 |
BNI | 500046 |
BRI | 14017 atau 6221-57987400 |
ANZ | 500269 |
Bank Mega | (021) 7917 5555 |
CIMB Niaga | 14041 |
Bank Danamon | 67777 |
Bank Bukopin | 14005 |
OCBC NISP | 500999 atau HP 66999 |
Bank Panin
| 500678 (PSTN) |
Rabobank | 500080 |
Standard Chartered | (021)57999988 atau 68000 |
UOB | 14008 atau (021) 2355 9000 |
Terima kasih
nice post
ReplyDeletethank's
sangat bermanfaat gan ane udah fail 2 nih.
ReplyDeleteSama-sama gan. omong-omong, sudah tidak masalah nih tokennya?
Deletemakasi bang,,,,,saat ini bni e-secure ku ke blokir,,,,,,
ReplyDeleteSama-sama mbak
DeleteGimana ya? Token BNI ane pas dipencet tombol segitiga, mucul nomor xxxxxxx. Diatasnya ada tulisan LOCK dan PIN.
ReplyDeleteAda yang tahu solusi biar tetap bisa digunakan gimana?
Untuk Pak Ridhwan,
Deleteitu adalah kode acak yang digenerate oleh token Anda, karena sudah salah menginputkan pin sebanyak 3x
Silakan untuk menghubungi CS dari BNI.
Nanti Bapak akan ditanya data diri, tapi tenang saja, dan jawab apa adanya
Nah, pin yang muncul ketika dipencet "segitiga" nanti akan ditanyakan oleh CS.
Dengan kode tersebut yang disebutkan, nantinya berfungsi untuk proses sinkronisasi kembali data di server BNI dan token.
setelah itu, bapak akan diberitahukan PIN reset oleh CS BNI.
Baru token bapak bisa digunakan kembali.
Selamat mencoba, semoga berhasil
Ha ha barusan reset PIN juga saya.
ReplyDeleteKok bisa sampe keblokir yah? Perasaan saya masukin PIN yang bener :D
Btw. Trims buat artikelnya Pak Nafi :)
Mungkin tokennya sedang ngambek Pak.
Deletejualan design ya Pak?
ada email? atau alamat facebook yang bisa dihubungi gak Pak?
ingin pesen juga nih
master.limbad8@gmail.com
Deletehttps://www.facebook.com/merizart
desain......
Trms alot, coba aah... Sy dah fail 2x... Postingan yg sangat membantu !! :)
ReplyDeleteAkhirnya... Thx postingannya.., sangt bermanfaat :) saya dah fail 2x..... Perasaan mencet pin yg bener hehe.. Salam.
ReplyDeleteselamat, selamat
DeleteMENDUKUNG .
ReplyDeletemendukung apa ini om?
Deletesepertinya skrg sdh tidak semudah dlu. saya jg sudah berhasil menghubungi call center, tetapi untuk unblokir sdh tdk bisa melalui telpon. harus mengisi formulir ke kacab pembukaan rekening. sekian informasinya.
ReplyDelete