Perbedaan Kliring dan RTGS

No Comments

Termakasih kepada blog pustakakarya.blogspot.com, karena saya lagi mencari-cari perbedaan kliring dan RTGS, silakan disimak

Tulisan ini saya buat karena rasa penasaran saya pada layanan transfer dana menggunakan kliring dan RTGS. Salah satu layanan yang diberikan oleh bank berupa internet banking. Kebetulan saat ini saya lagi butuh yang namanya transfer dana, dengan menggunakan layanan internet banking. Contoh bank yang saya pakai BNI, mungkin hampir sama semua bank yang menggunkan fasilitas internet banking
Pada fasilitas transfer dana ada 3 pilihan, yaitu:
  1. transfer antar rekening bank (dalam satu bank)
  2. transfer menggunakan kliring
  3. transfer menggunakan RTGS

Ada 2 jenis transfer yang menyulitkan bagi saya dan sekarang sudah ketemu jawabannya:
  1. Kliring Kalau pake yang ini, misalnya BNI menyetorkan duit pada BI, baru dari BI diteruskan pada Bank Penerima, makanya memakan waktu 2-3 hari. Soalnya proses kliringnya pun ada batasannya (misalnya di atas pukul 15.00 WIB, transaksinya baru diproses keesokan harinya, artinya bisa lebih lama lagi)
  2. RTGS ternyata kepajangan dari Real Time Gross Settlement. Ini yang disebut dengan transfer real time. Jadi dari BNI, langsung diteruskan ke Bank penerima saat itu juga. Konsekuensinya, biaya transfernya jadi lebih mahal. Dari pengalaman menggunakan RTGS pada bulan oktober 2010 kemarin, dari bank BNI menggunakan internet banking dikenakan charge Rp. 17.500.
Semoga bermanfaat untuk rekan sekalian

Sumber : http://pustakaraya.blogspot.com/2010/10/perbedaan-kliring-dengan-rtgs.html
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment