Rasa Takut, Penyebab dan Cara Mengatasinya

No Comments
Menurut para ahli, rasa takut adalah reaksi emosional terhadap bahaya. Bahaya ini dapat berupa hal yang ringan seperti takut ditertawakan ketika melakukan sesuatu, atau dapat pula meliputi hal yang berat, seperti takut di gigit ular, di terkam hiu, dan lain-lain. Bukti rasa takut yang ada pada tubuh kita seperti; meningkatnya debar jantung, muka pucat, ingin ke toilet, berkeringat dan meningkatnya suhu tubuh. Kita tentu sering mengalami hal ini dalam kehidupan sehari-hari.

Definis yang lain menyebutkan, rasa takut adalah persepsi, kabut, ilusi, yang diciptakan pikiran untuk mengeblok suara hati. Semua orang pasti memiliki rasa takut. Tak peduli petinju, pemain bola, matador, selebriti, laki-laki, perempuan, tua, muda, ataupun yang lainnya. Semua makhluk yang bernama manusia pasti memiliki rasa takut.

Bahkan ada orang yang menyatakan bahwa bila kita tidak merasa takut, maka saat itu artinya kita belum siap. Sebagian besar dari rasa takut kita sebenarnya tidak berdasar. Rasa takut itu tidak nyata dan hanya merupakan delusi buatan sendiri yang ada hanya karena kita membiarkannya. Kita sering membiarkan rasa takut yang bersarang dalam pikiran kita.

Akhirnya, rasa takut itu melingkupi setiap gerak langkah kita. Setiap tindakan yang akan diambil selalu dihantui dengan resiko, konsekwensi, akibat, dan sebagainya. Padahal, kita belum melaksanakan tindakan itu. Dalam melakukan tindakan, mungkin segala akibat, resiko dan sebagainya akan menyertai tindakan kita, tapi perlu diingat bahwa kemungkinan lain juga bisa terjadi. Artinya, resiko, dan akibat tindakan itu bisa tidak terwujud. Jadi, untuk apa takut sebelum semuanya terwujud.

Apabila kita terserang rasa takut, apa yang harus dilakukan ? beberapa hal yang perlu kita lakukan :


1. Tanyakan “Kenapa Saya Takut”

Penyebab rasa takut lebih banyak bersumber dari dalam diri kita. Entah itu karena kita belum tahu akan sesuatu hal. Atau kita ragu dengan kemampuan diri kita. Ataupun sebab-sebab lain yang terkadang tidak bisa kita identifikasi. Umumnya kita pasti tahu penyebab rasa takut itu. Tanyakan pada diri kita apa yang menyebabkan kita merasa takut. Kita takut dengan ular karena berbisa, takut dengan cacing karena bentuk dan tempatnya yang menjijikkan. Apabila kita sudah tahu penyebab rasa takut itu, maka akan mudah untuk mengatasinya. Kenapa aku mesti takut dengan cacing. Badannya kecil, gerakannya lambat, hidup di dalam tanah, sekali pukul saja sudah mati. Mungkin hal itu bisa menghindari kita dari rasa takut.

2. Kendalikan Diri Anda

Kita harus mampu mengendalikan diri kita. Apabila kita terserang rasa takut, kendalikan diri. Beri ungkapan yang dapat membuat anda bisa tenang. Selalu berusaha untuk berpikir positiv. Bila takut dengan hantu, ucapkan aku manusia lebih mulia dari hantu. Bila takut dengan binatang, ungkapkan bahwa kita lebih baik dari binatang. Binatang punya tangan dan kaki, aku juga. Masa aku kalah dari binatang. Aku punya akal binatang tidak. Aku punya pikiran, binatang tidak. Masa makhluk yang bisa berpikir kalah oelh yang tidak bisa berpikir

3. Persiapkan Diri

Kalimat yang harus diperhatikan bila ingin melakukan sesuatu, “persiapkan diri anda”. Kita sering mengabaikan hal ini karena kita selalu berpikir bahwa kita mampu.
Padahal, saat melaksanakannya kita baru merasa bahwa kita sebenarnya tidak mampu. Itulah gunanya persiapan. Sebaik dan sehebat apapun kita tentu butuh persiapan.
Coba kita perhatikan pemain bola professional seperti Del Piero, Beckham, Ronaldo, dan lain-lain, mereka selalu melakukan latihan sebelum bertanding. Latihan merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri. Dengan persiapan yang cukup, mereka percaya diri dan tak pernah takut menghadapi semua lawan-lawannya. Apakah mereka tak merasa takut.
Tentu, mereka juga manusia sama dengan kita. Dan semua manusia pasti memiliki rasa takut. Apalagi bagi yang sudah terkenal. Bila mereka bermain tidak baik maka karir mereka akan terancam.
Untuk mengatasinya mereka selalu berusaha untuk tampil baik. Latihan, latihan, dan latihan merupakan salah satu cara mereka untuk mengurangi rasa takut. Takut kalah. Takut bermain jelek. Takut terhadap masa depan mereka. Dan takut-takut dengan yang lainnya. Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa takut. Setiap kita tentu memiliki berbagai cara untuk mengatasinya. Dan bagi kita yang sampai sekarang belum bisa mengatasi rasa takut, beberapa hal di atas dapat dijadikan salah satu cara untuk mengatasinya.

Nah... dari conclusion " Kesimpulan " di atas kita tau bahwa rasa Scary "Takut"
adalah hal yang manusiawi. Tetapi, kita tidak bisa hidup selamanya di dalam rasa Scary " takut " itu. Perlu diketahui " Rasa takut itu tidak nyata dan hanya merupakan delusi buatan sendiri yang ada hanya karena kita membiarkannya " Manusia telah dikungkungan oleh rasa takut tentang kematian .
Disamping semua itu takut juga merupakan hal yang positif semisal takut kepada Tuhan YME

Sumber : http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000007350770/penyebab-rasa-takut-dan-cara-menanganinya
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment