Skip to main content

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Hadirnya perangkat pintar seperti iPhone dan iPad tentu memberi kemudahan dan kebutuhan dalam kehidupan kita dalam berkomunikasi. Terlebih perangkat canggih itu memberi kita hiburan yang menarik seperti game dan aplikasi lainnya. Tapi apa jadinya bila iPhone dan iPad jatuh ke tangan anak-anak?

Sudah pasti mereka akan bermain sepanjang waktu, bila hal tersebut dibiarkan dalam waktu tertentu maka anak Anda akan kecanduan bermain iPhone dan iPad. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini tips untuk orang tua agar bisa membatasi anak bermain iPhone dan iPad.

Berbicaralah pada Anak
Mulailah dengan diskusi ringan dan terbuka dengan anak Anda tentang batasan-batasan yang ditetapkan. Jika Si Anak sudah bermain-main dengan iPhone setiap saat dan tiba-tiba Anda mengambilnya dan berkata "Waktu habis!". Nah bisa Anda bayangkan betapa marahnya mereka. Maka, jelaskanlah kepada anak Anda mengapa Anda telah membatasi waktu untuk bermain iPad, secara tidak langsung sikap tersebut akan memberikan pemahaman tentang kepentingan dan bersikap bijak menggunakan iPad.

Buatlah Aturan dan Tetaplah Konsisten
Buatlah aturan mengenai batasan waktu dan tetaplah konsisten. Jika Anda memiliki anak keras kepala yang menolak semua aturan tersebut, maka bersabarlah. Jangan ragu untuk mengambil iPhone ketika mereka marah atau rewel. Tetap teguh pada tekad Anda. Jangan ragu-ragu atau menyerah karena kemarahannya karena akan berdampak pada sikap yang akan mendorong mereka untuk menghabiskan waktu dengan iPhone lebih lama dan berikutnya akan semakin sulit diatur. Jelaskan apa konsekuensinya jika mereka tidak mentaati batas waktu yang telah disepakati.

Alihkan Perhatian Anak dari Perangkat
Dorong anak Anda untuk menghabiskan waktu di luar rumah bila itu memungkinkan. Kegiatan fisik seperti naik sepeda, bermain petak-umpet, dan berenang selalu lebih bermanfaat untuk siapapun yang melakukannya. Akan lebih baik bila anak-anak bisa bergabung di kelas balet atau tim sepak bola. Tentukan rencana dan tanggal untuk bisa pergi ke taman bersama teman-temannya.

Ketika cuaca buruk dan membuat mereka harus berdiam di rumah, maka berinisiatiflah Anda untuk bisa bermain dengan melibatkan anggota keluarga seperti teka-teki, bermain monopoli, bercerita, memasak dan lain-lain. Sehingga kebersamaan tersebut akan menghiburnya dan menumbuhkan rasa aman dan nyaman setiap kali tinggal di samping Anda meski mereka sudah beranjak dewasa dan memiliki kehidupannya sendiri.

Sumber : http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000015495258/tips-membatasi-anak-bermain-iphone-dan-ipad
http://portal.paseban.com/article/934/tips-membatasi-anak-bermain-iphone-dan-ipad

Comments

Popular posts from this blog

Istilah Makanan, Minuman, dll dalam MOS / OSPEK

Bagi Adik-adik yang baru masuk ke sekolah atau universitas baru. Mungkin mendapatkan tugas yang sulit dari kakak pembina pada saat MOS / OSPEK.

Nah, sebagai permulaan, dijelasin dulu ya, apa itu MOS dan OSPEK. Baru nanti kita melanjutkan ke Istilah yang ditunggu.

Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru.
Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainn…

Pusar Udel Berair atau Sakit dan Berbau

Sudah lama nih saya mencari artikel tentang sakit pusar atau pusar berbau. Dulu saat awal pertama pusar sakit, rasanya tidak karuan, setelah periksa ke dokter katanya ada infeksi, akhirnya diberilah saya antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan satu obat alergi obat. Namun setelah rasa sakit itu hilang, sekarang kok masih tersisa bau yang dahsyat dari perut saya, kata istri saya seperti bau terasi. Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan disimak artikel dari http://christinarwen.blogspot.com.  Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?
Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh. Salah …

Pertanyaan Calon Mertua Sebelum Lamaran

Terima kasih kepada agan AaGuru yant telah membagi artikelnya di kaskus. Silakan disimak

Biasanya setelah anda sudah cukup lama berkenalan atau pacaran dengan doi anda, dan camer anda sudah merasa bahwa hubungan anda harus dipikirkan mau kemana nantinya, anda akan di interview sama camer anda pada suatu waktu untuk mengetahui seberapa serius anda dengan anaknya.

Sikap dan gerak tubuh yang diperlukan :

1. Sikap dan gerak tubuh anda sama halnya anda melamar kerjaan, jadi harus penuh keyakinan dan optimis
2. Saat pertama kali datang dan bertemu, sebaiknya anda memberikan salam dan cium tangan mereka, karena kita adalah orang timur yg senantiasa menjunjung budaya dan keramah tamahan serta menghormati karena kelak mereka akan menjadi orangtua kita juga
3. Posisi duduk harus tegak, ini menandakan agan penuh keyakinan
4. Jangan sering gerak2in anggota bdan, krn ini menandakan kalo agan gugup
5. Menjadilah pendengar yg baik, ketika camer berbicara tataplah dengan sebaik2nya
6. Jangan pernah …