Pusar Udel Berair atau Sakit dan Berbau

88 comments
Ilustrasi Pusar
Gambar hanya ilustrasi jangan mupeng

Sudah lama nih saya mencari artikel tentang sakit pusar atau pusar berbau. Dulu saat awal pertama pusar sakit, rasanya tidak karuan, setelah periksa ke dokter katanya ada infeksi, akhirnya diberilah saya antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan satu obat alergi obat. Namun setelah rasa sakit itu hilang, sekarang kok masih tersisa bau yang dahsyat dari perut saya, kata istri saya seperti bau terasi. Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan disimak artikel dari http://christinarwen.blogspot.com
Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?

Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh.
Salah satunya adalah pusar mengeluarkan cairan yang berbau busuk. Hal ini tidak hanya menjengkelkan tetapi juga bisa membuat orang malu.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pusar berbau tidak sedap seperti dilansir Buzzle, Senin (24/1/2011),
1. Debu
Debu yang terperangkap di dalam pusar dapat menyebabkan iritasi pada kulit, yang akhirnya menyebabkan infeksi.

2. Peradangan

Akumulasi nanah dari jaringan yang meradang sekitarnya dapat membuat pusar berbau busuk. Bau ini disebabkan oleh keberadaan bakteri anaerob.

3. Kista Urachal
Kista ini terjadi bila saluran yang terhubung ke tali pusar janin tidak menutup. Jadi mungkin membengkak dan dapat menyebabkan kebocoran lendir atau urine. Kondisi ini termasuk langka dan dengan dapat diobati dengan bantuan operasi.

Kista urachal disertai dengan rasa sakit di perut dan peningkatan suhu tubuh.
Kista bisa pecah di dalam dan cairan yang merembes keluar dapat menyebabkan bau yang busuk.

4. Candidiasis

Ini adalah bercak putih yang dapat terjadi pada pusar yang disebabkan oleh jamur candida. Jamur ini tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah berada pada risiko yang lebih tinggi karena tubuh menjadi tidak mampu untuk mengekang pertumbuhan jamur.

5. Patent Urachus
Tabung urachus adalah tabung kecil menghubungkan kandung kemih janin ke tali pusat. Dalam beberapa kasus, tabung urachus gagal menutup setelah lahir sehingga menyebabkan patent urachus.

6. Infeksi jamur
Penyebab lain bau dari pusar adalah infeksi jamur. Infeksi jamur pusar ditandai dengan gatal yang menyakitkan dan rasa terbakar.

7. Sepsis-Septicemia

Hal ini disebabkan karena infeksi yang diakibatkan penggunaan tindik di pusar. Piercing atau tindik di pusar sering menyebabkan pendarahan, yang bila terkontaminasi oleh patogen bisa menyebabkan infeksi. Infeksi ini biasanya mengeluarkan cairan hijau kekuningan yang disebut sepsis-septicemia.

Tapi tidak perlu khawatir karena banyak pengobatan yang efektif untuk mengatasi bau busuk dari pusar. Beberapa cara yang sering dilakukan antara lain seperti berikut:
  1. Coba krim anti jamur atau juga bisa menggunakan yogurt pada infeksi jamur
  2. Mengonsumsi antibiotik untuk mengendalikan gatal karena infeksi jamur
  3. Tempatkan es batu di perut untuk menghilangkan rasa gatal sehingga pusar tidak semakin infeksi karena digaruk
  4. Bersihkan pusar dengan air garam untuk mengurangi infeksi dan bau busuk
  5. Usahakan daerah sekitar pusar tidak lembab untuk mencegah pertumbuhan mikroba. Jika pusar berkeringat, sering berikan bedak untuk menghindari kondisi yang menguntungkan bagi bakteri atau jamur.
  6. Dalam kasus kista urachal, bersihkan area pusar dengan sabun anti bakteri setidaknya sekali dalam sehari. Juga gunakan klorida benzalkonium atau peroksida hidrogen pada kista 4-5 kali sehari.
  7. Dalam kondisi parah perlu dilakukan pembedahan.
Update :
Maaf nih, setelah lama mencari gambar kerikil di perut saya yang pernah sakit dan saya foto, ternyata masih ada gambarnya di HP yang lama :), sebelumnya siapkan mental terlebih dahulu ya

Kerikil, yang mungkin dari proses pengerakan di dalam pusar

Jadi kembali mengingat masa lalu nih, bagaimana mungkin kerak kerikil sebesar itu ada di dalam pusar.

Sumber : http://christinarwen.blogspot.com/2011/02/bahaya-pusar-berair.html
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

88 comments

  1. Wah, artikel yg sgt bermanfaat. Anak saya yg baru berusia 10 bulan, hari ini mengalami hal tersebut... terima kasih, tulisan ini sangat membantu...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas komentarnya. Dan semoga anak Anda lekas sembuh

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas infonya....saya baru saja mengalaminya beberapa hari yang lalu...sekarang akan saya coba dulu...siapa tahu bisa...

    ReplyDelete
  4. kalau saya boleh tanya...antibiotiknya apa yang bagus ya...saya sudah mengalami ini selama beberapa hari...apakah bahaya?
    thanks

    ReplyDelete
  5. Kalau Antibiotiknya sendiri saya tidak bisa menyarankan gan, karena juga kelihatannya berbeda antar masing-masing orang.
    Saya pernah sampai diberi obat 2 kali karena yang pertama saya mengalami alergi pada obat antibiotiknya.
    Jadi sebaiknya dapat dikonsultasikan dengan dokter gan.

    ReplyDelete
  6. Saya juga sedang mengalami hal ini. pusar saya berair dan bau. saya pernah ke dokter beberapa minngu yg lalu tetapi tdk ada perubahan setelah sya oleskan vco alias virgin coconut oil, pusar saya jadi tdk terlalu berair walaupun masih keluar sedikit2. setelah sya baca,ternyata vco mengandung anti jamur,bakteri dan virus. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas komentarnya Pak. semoga cepat sembuh untuk Anda.

    ReplyDelete
  8. terimakasih infonya,,
    semoga saya cepat sembuh,
    do'ain yaa,,,

    ReplyDelete
  9. Amin, saya doakan semoga lekas sembuh

    ReplyDelete
  10. Apakh bhaya kalo lukanya sampai mengeluarkan darah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman saya, yang terjadi ketika rasa sakit mulai hilang adalah, keluar gumpalan agak keras, menyerupai kerikil sebesar kelingking dari lubang pusar, pada suatu pagi.
      Kemungkinan, menurut saya, gumpalan itu terjadi karena proses pendarahan yang ada di dalam perut yang tidak bisa keluar langsung di perut, sehingga membentuk gumpalan, ini pengalaman pribadi, dan bukan penjelasan dari dokter, sehingga alangkah baiknya jika langsung dikonsultasikan
      yang saya khawatirkan malah sakitnya lebih parah.

      semoga bisa menjawab

      Delete
    2. maaf setelah gumpalan tersebut keluar sebesar batu kerikil apa yang terjadi dan apa yang harus di lakukan ya....soalnya ni ak bru aj kluar gumpalan menyerupai kerikil tp puser masih tetap berdarah n keluar cairan cmpur sdkit nanah

      Delete
    3. Semoga hal yang terjadi dengan Bapak, sama seperti saya.
      Setelah gumpalan tersebut keluar, masih tetap saya oleskan betadin ke mulut pusar kemudian tutup dengan kapas yang diberi betadine.
      Tapi setelah keluar gumpalan tersebut yang saya rasakan sangat lega, dan selang 2 - 3 hari sakitnya sudah sembuh.

      Semoga lekas sembuh Pak, sebagai saran, jika 2-3 hari belum sembuh, bisa menemui dokter kembali Pak.

      Delete
  11. kalau pusar berair n berbau,apa ada hubunganya dg kandungan?apakah itu berbahaya?n yg dimaksud parah itu yg bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, mohon maaf sebelumnya, karena saya sendiri adalah korban, bukan dokter yang ahli. Sehingga jangan dipakai acuan jawaban saya ya.

      Pertanyaannya agak rancu sebenarnya,
      Kandungan sendiri tidak menjadi penyebab pusar berair dan berbau.
      Namun apakah pusar berair dan berbau akan berpengaruh terhadap kandungan, saya rasa sebaiknya dikonsultasikan ke Dokter / Bidan, biar diberi obat yang sesuai.

      Untuk kondisi parah, seperti ditakutkan ada kanker atau penyakit berbahaya lain.

      Delete
  12. dulu saya sering keluar benda berbentuk elips/lonjong dari pusar berwarna kehitaman.. kotoran tersebut saya sering amati tiap saya mandi sore.. awalnya masih seperempat mencuat dari dalam pusar.. hari demi hari makin muncul sampai 3/4 nya..lama-lama keluar dengan sendirinya.. teksturnya lembek seperti gumpalan daki dan memang benar berbau seperti terasi.. juga menimbulkan nyeri di pusar..

    dan sampai sekarang hal2 yang berbau dengan cairan, kotoran, lebih2 tentang infeksi pusar membuat saya sedikit ngilu bergidik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepada Pak hanjar, terima kasih atas informasinya
      untuk kejadian seperti bapak, saya tidak pernah mengalaminya.

      sekarang jadi paranoid kalau mau korek-korek nih pusar lagi,
      paling hanya membersihkan sisi luar pusar saja.

      Delete
  13. posting yang bermanfaat. keberuntungan buat saya dapat membacanya. semoga sukses blognya gan

    ReplyDelete
  14. Gan. Ane masi umur 16 tahun uda kenak ginian gan, ane sering korek udel krna kotor baru ini membengkak nyeri dan keluar cairan seperti nanah tp sedikit. Cara ampuhnya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gan, belum tau cara yang ampuh,
      tapi menurut pengalaman, ane sendiri menggunakan betadine diolesin digunakan di luar (sekitar pusar) dan tetes di dalam, tapi tetesin saja di lubang pusar, jangan dimasukin langsung

      jangan lupa, konsumsi obat antibiotik ya gan.
      Semoga lekas sembuh

      Delete
  15. MISI .. Saya Juga mengalami Hal tersebut , aneh nya kenapa setiap kering pasti kambuh lagi Mas/bang/paman/bapak ,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini belum pernah mengalami mbak.
      Namun alangkah baiknya, untuk beberapa hari setelah sembuh agar tetapi ditutup dengan perban ber-betadine (obat merah)
      Untuk jaga-jaga saja, setelah 2-3 hari baru dilepas
      Dan jangan dikorek-korek lagi pusarnya, itu yang paling penting kelihatannya

      Delete
  16. misi gan..saya baru kali ini mengalami sakit puser,,awalnya panik ni...ternyata banyak juga ya yg kena begini..saya mau tanya golongan antibiotik apa yg harus saya beli?,,amoxicillin/tetracycline/ciprofloxacin/cefadroxil ?,,dan krim jamur nya di oles kan di dalam atau cukup diluar saja?,,satu lagi gan kalo betadine penggunaanya setelah pake krim jamur atau sesudah?...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ingin sesuai urutan langkah di atas tidak perlu menggunakan betadine.
      Untuk antibiotik, karena saya bukan dokter, alangkah baiknya dikonsultasikan dulu, biasanya ada masalah terhadap alergi antibiotik (saya juga alergi salah satu antibiotik, lupa namanya, mata malah jadi jendol karena salah antibiotik).
      untuk krim jamur sebaiknya dioleskan yang bisa dijangkau cotton bud saja

      Kalau pengalaman saya, dari dokter menyarankan menggunakan antibiotik dan betadine diteteskan di dalam pusar, dan dioleskan di bagian luar, terus disuruh menutupnya dengan kain kasa

      Delete
  17. waduh kebetulan sekali sekarang saya mengalami hal seperti ini..saya kira saya sendiri...begini saya minta saran ketika agan sakit puser,,agan minum golongan antibiotik yg mana gan,,amoxicillin/ciprofloxacin/cefadroxilatau yg mana gan?,,terus ane mau tanya juga kalo krim anti jamurnya dioles pada bagian puser dalam atau luar?,dan pengolesan obat antiseptiknya di masukan atau cukup di perban nya saja?..thanks sebelumnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repost ya? :) mohon maaf lahir batin, baru bisa mempublish kali ini, soalnya libur lebaran :)

      Delete
  18. Gan pusar ane ngeluarin bau yang parah ga enak bener. Dulu agan keluar bau yg parah juga ga? Pusar ane bau+sekeliling nya tuh basah terus. Bukan nanah. Ga ngerti cairan apaan. Klo kya gini bisa di obatin pake cara agan ga yaa kira". Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bau jelas bau gan, basahnya kalau ane gara-gara cairan dari dalam
      pengobatannya hampir sama om

      Delete
  19. sesuai dengan pengalaman saya yg pernah saya tuangkan pada blog Pak Nafi Projo, akhirnya saya menemukan penyakit pusar yg saya alami, namanya Umbolith Stone atau Naval Stone atau Ompalolith yang terbentuk dari kulit ari pada manusia yang tiap hari berganti dan mati (Keratin) kemudian mengendap dan ditambah dengan sebum (waduh lupa saya soal yg ini hehe), langsung saja dilihat video youtubenya yang kebetulan terjadi di india dengan dokter Vikram ahli penyakit aneh2 haha:

    http://www.youtube.com/watch?v=13op7Ahc1pQ

    Semoga bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih om Hanjar Gigih telah menemukan penyakit ini.
      berarti ini termasuk penyakit aneh ya? :) hehe

      Delete
    2. sebenarnya sih bukan aneh Pak Nafi hahaha cuma ya itu video medis dokter Vikram selalu "Disturbing Picture" hahahaha... nonton ini aja udh bikin perut saya ngilu.. haha

      Delete
    3. oh iya tambahan, naval stone ini baunya luar biasa seperrti terasi, teksturnya padat sedikit lembek persis gumpalan daki, tanda-tanda muncul benda asing ini (yang terjadi pada saya) 1.area pusar mulai gatal-gatal, 2.agak sedikit perih ketika area pusar/perut tertekan, 3.menimbulkan bau kurang sedap.

      jika pada video, benda asing ini dikeluarkan paksa, tapi yang terjadi pada saya benda ini keluar dengan sendirinya secara perlahan (biasanya seminggu sudah keluar dengan sendirinya) karena saya emang tidak berani "utak-atik" pusar. hehe

      Delete
  20. Obat nya itu menggunakan Betadine Biasa yang buat luka atau ada betadine khusus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidak tahu ada betadine khusus om, pakainya ya betadine biasa untuk luka

      Delete
  21. gan mau tnya nih knp pusar saya berair y dn bau g enak gana cara mengatasinya
    mksh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dibaca mbak semuanya? baik artikel dan komentarnya?

      kalau saya disarankan oleh dokter, dengan meggunakan betadine, kemudian ditutup dengan kain kasa. dan jangan sering-sering dicolek-colek pakai tangan.

      Delete
  22. Terima kasih kerana berkongsi..tapi boleh saya tahu adakan hal ini boleh menyebabkan kematian atau keguguran janin atau komplikasi untuk mengandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelumnya cik, saya di sini sebagai yang terkena penyakit, saya bukan dokter yang bisa merekomendasikan.

      Sebaiknya mak cik menemui dokter saja untuk konsultasi lebih lanjut.

      Tapi kalau menurut saya tidak ada hubungannya dengan rahim/janin, tapi pasti rasanya sakit sekali kalau pas mengandung terkena sakit pusar ini.

      saya doakan janinnya sehat ya cik.

      Delete
  23. Sy pernah mengalami hal serupa. Gara" sy bersihkan dengan cara dikorek dengan jari. dan parahnya lg sy infeksi dipuser yg mengharuskan sy dioprasi.
    Dan sekarang sy sudah sembuh.
    Sy sarankan jika anda hendak membersihkan pusar jangan terlalu ditekan karena bisa merusak jaringan diarea pusar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas imbuhan informasi serta sarannya om Riki

      Delete
  24. saya jg mengalami hal yg serupa, pusar sy lecet akibat ta bersihkan dan mengeluarkan cairan bening tapi tidak berbau. saya sangat takut dan kepikiran terus.
    kira2 penyembuhan luka ini butuh waktu berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung saja diperiksakan ke dokter om.
      saya hampir seminggu saat awal sakit tidak saya periksakan ke dokter, malah yang terjadi sakit banget, kalau saya hampir 3 minggu dari awal sakit, kira-kira masa penyembuhan saya hampir 2 minggu.

      Delete
  25. om gi mna sih cara nyembuin benjolan dipusar dan di benjolan itu ngeluarin air yg busuk nya luar biasa + kdg" sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini benjolannya di luar pusar ya?
      kalau kasus saya sih sakitnya di dalam om,

      sebaiknya segera ke dokter deh om, takutnya pengobatannya berbeda.

      Delete
  26. Kalau di kasih minyak tawon gimana yah ?
    Kalau saya tidak sakit tapi agak ngilu begitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak menyarankan memakai minyak tawon ya mas, tapi ke dokter :)

      bagaimana? apakah sudah sembuh sekarang?
      setelah memakai minyak tawon?

      Delete
  27. Ufhhh.... Hari ini jg ngalamin hal yg begitu,,puser d bersihkan malah sekarang jd merah n keluar cairan yg bau,,sampai skrng ga kering",,gimana ea baiknya pak,,soalnya jd risih banget.... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kasusnya sama seperti saya mbak.
      Silakan dibaca dulu Blognya mbak, saya pakai betadine saja

      Delete
  28. saya juga baru2 in mrasakan gatal yg sngat d"daerah pusar...dan akhir'x saya korek2 selalu keluar cairan yang bau'nya tidak sedap..apa ada solusi'nya kah?dan berbahayakah?

    ReplyDelete
  29. Menurut saya lebih baik langsung ke Dokter dulu bu.
    Saya bukan dokter, dan pengalaman saya ke seorang dokter, suruh dikasih betadine saja di lubang pusar dan sekitarnya


    semoga lekas sembuh, maaf baru balas, lagi banyak kerjaan nih :)

    ReplyDelete
  30. apakah ada obat yang bisa menyembuhkan puser supaya gag sakit lagi

    ReplyDelete
  31. untuk obat yang benar, saya kurang tahu Pak.
    Silakan bisa berobat terlebih dahulu, karena saya juga sebagai korban.


    kalau dahulu, oleh dokter hanya diberi betadine, untuk ditetes di pusar dan dioles di sekitar pusar, terus ditutup oleh kain kasa

    ReplyDelete
  32. Saya udah setahun ngalamin ini, dan sekarang blum sembuh, tp sudah menjalani pengobatan. Oh ya klo mandi, puser boleh kena air ga?

    ReplyDelete
  33. kalau saya dulu pas sakit tetap ikut siram air.
    tapi rasa sakitnya om aalfiann di luar (maaf luka luar) atau di dalam?


    kalau saya dulu yang sakit di dalam pusar.

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah juga mas, :) berarti hampir sama kurang lebihnya dengan pengobatan saya mas.
    Bagaimana? masih berminat korek-korek pusar? :)

    ReplyDelete
  35. gan, saya lagi ngalamin nihhhh infeksi pusar, udah mau sebulan hiksss shiksss udah ke dokter tp blm sembuh", smp disuruh cek gula darah dan usg segala.

    btw. infeksi pusar itu proses penyembuhannya berapa lama yaa???

    ReplyDelete
  36. Tri Wahyudi Tri WahyudiApril 07, 2015 12:09 AM

    Saat ini detik ini......saya mengalami sakit pada puser Keluar seperti nanah....berbau tak sedap....saya jdi binggung.. obat,krim/salep anti bakteri,betadin.....udah saya pakai tapi juga blum sembuh......tapi aku yakin......bentar lagi sembuh....buat teman2 gk usah panik.....pasrah kan aja sama allah....fikiran jadi tenang,tidak panik,semakin yakin...kesembuhan akan datang Aminnnnn......semoga lekas sembuh yg lg mengalami sakit / cobaan ini....

    BATAM
    TTD
    ( JHOON)

    ReplyDelete
  37. Untuk yang pernah saya alami dari awal sakit, sampai sembuh sepenuhnya itu 1 bulanan gan.



    omong-omong, dikasih obat apa sih gan? usia berapa?


    dan kalau secara logika sih (saya bukan dokter, dan hanya opini), kalau punya penyakit gula, luka luar saja sulit sembuh, apalagi di dalam gan. Lebih baik ikuti saran dokter saja gan

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah sudah sembuh gan

    iya sama, sebulanan gan.

    obatnya ada yang diminum (antibiotik Cefixime) obat kompres (Cairan NACL) Usia, seper4 abad lebih gan :-D

    2015-04-07 11:03 GMT+07:00 Disqus :

    ReplyDelete
  39. Saya kira usia sudah mendekati setengah abad gan :)
    akhirnya cek gula juga atau tidak ya?

    ReplyDelete
  40. Iya disuruh darah (cek gula sewaktu,& cek darah lengkap). Smp disuruh usg jg tp dr hasil cek darah,gula normal tp dr cek drah LED nya tgi leukositny tgi ada tnda gejala infeksi. Klo dr usg krn saat usg ud smbuh jd hsl usg normal smw.
    So.terimakasih sharing di blog nya :)

    ReplyDelete
  41. Sy baru kali ini pusar sy berair terkadang jadi kering dan berbau.dan itu sering seperti itu.saat dibersihkan terasa perih.sakit apa ya yg sy alami ini?

    ReplyDelete
  42. mungkin bisa jadi sama seperti kasus saya di atas, karena di korek (ingin membersihkan kotoran di pusar) tapi menggunakan tangan yang kotor.


    kalau saran saya sih, sebaiknya tidak usah dibersihkan, saya sudah kapok :D

    ReplyDelete
  43. Saya seminggu ini mengalami gatal sekali di pusar, stlah sy periksa trnyata bendol dan bengkak gt tp tdk mengeluarkan cairan atau bau. Tp sy merasakan mules dan sakit di area pusar dalam. Gimana pak minta solusinya? Terimakasih yaa...

    ReplyDelete
  44. Faizal ArdiyantoOctober 22, 2015 4:36 AM

    langsung periksa ke dkter aja mas, saya abis oprasi krna hal sepele sprti itu juga

    ReplyDelete
  45. Q juga gt, tp stelah d operasi n di tutup pusar sekarang dah sembuh

    ReplyDelete
  46. Q juga d dlm ms... ,rasanya kyak kram... ,

    ReplyDelete
  47. D operasi tu... , d ambil pusarnya

    ReplyDelete
  48. Langsung k rumasakit aj... , konsultasi dokter

    ReplyDelete
  49. Saya juga bgitu tiba tiba kluar dgn sndirinya,itu knp ya apakah penyakit ?
    Saya kaget skali perasaan sehari sblmny saya sudah bersihkan karena gatal sekali setiap lg haid dan kadang ad cairan yg berbau.

    ReplyDelete
  50. setuju dengan yang dikatakan @fanani
    kalau saya dulu, hanya diberi obat merah (betadine) bagian dalam dan luar, sekitar pusar dan ditutup kain kasa, dan plester, ganti tiap habis mandi, pagi dan sore.

    ReplyDelete
  51. operasinya seperti apa ya? saya tidak operasi dulu.
    dari operasi hingga sembuh sampai berapa lama

    ReplyDelete
  52. Min..pusar saya kok keluar kayak benda putih ya..kayak gambar diatas...gimana solusinya min..

    ReplyDelete
  53. Periksa ke dokter saja gan

    ReplyDelete
  54. Kejadian udah masuk 1 bulan,,tapi sekarang udah kering dan udah baikan..udah senang hati anee,,,kirain ada apa2 takutnya.:-D

    ReplyDelete
  55. M Choirul Syukur SJuly 04, 2016 11:32 AM

    Kk pusar saya terluka,perih dan gatal apa ya penyakitnya

    ReplyDelete
  56. Gan, saya juga ngalamin seprti itu, pusarnya keluar nanah bau dan agak nyeri dikit. Udah saya betadin tiap hari dan q tutup, tapi pake kapas, boleh ga ya itu, trus kalo nanahnya keluar itu di biarin aja apa di bersihkan? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  57. kalau kapas kemungkinan nempel gan, mending pakai kasa saja.

    nanahnya sering-sering dibersihkan gan. bau banget yang itu,
    moga gak lagi2

    ReplyDelete
  58. Bukan penyakit kok mbak. aman. itu memang terjadi biasanya orang yg lipatan perutnya agak besar jadi akhirnya pusar membentuk corong ke dalam. dari situ saat sel kulit mati setiap harinya + minyak yang ada pada tubuh kita jadi satu. ada juga yang naval stone nya gak berbau. nah kalau yang berbau macam terasi atau bau yg gak enak itu memang ada perembesan bagian dalam usus di area dalam pusar. Karena, saat kecil tali pusar bayi yg terluka akibat pemutusan dari rahim ibu, belum tertutup sempurna. ssehingga timbulah bau.

    Kalau untuk kategori penyakit atau bukan, sejauh yang saya baca dari beberapa artikel kesehatan yang saya googling dan video di youtube dengan keywords "Pusar Berair", "Pusar Gatal", "Umbolith", "Navel Stone", "Bau Pada Pusar" d.s.j. itu bukan kategori penyakit sih.. #cmiiw

    Saran saya sih jangan keseringan diutak atik pusarnya mbak. hehe. Hanya beberapa kasus ada yang sampai bernanah dan berdarah atau juga gatal gatalnya gak kunjung hilang lebih baik langsung aja ke dokter mbak. ngeri juga.. huhu.

    ReplyDelete
  59. Taufika SalasatiMarch 23, 2017 3:03 PM

    Setelah pake betadine apa bs kering?brp lama sembuhnya dan baunya hilang?ada tindakan ap lg?ini ibuk sy kok kasusnya sm kyk itu

    ReplyDelete
  60. Rony Ardi SusantoMarch 23, 2017 4:18 PM

    Alhamdulillah, itu setelah 1 tahun trus akhirnya berobat dan sembuh ya mas? Mohon infonya.

    ReplyDelete
  61. Punya saya bisa itu mbak. Memang agak lama 2 3 minggu

    ReplyDelete
  62. Sebaiknya ke dokter pak, kalau sampai mengeluarkan darah

    ReplyDelete
  63. Kalau saya tidak ada indikasi gatalnya saat sakit pusar.

    Ke dokter saja mas

    ReplyDelete
  64. Selamat deh mas

    ReplyDelete
  65. Sama aku juga lagi ngalamin nih, keluar nanah dan bau tetapi tidak sakit cuma saat jongkok sakitnya, mohon sarannya gan.

    Makasih

    ReplyDelete
  66. Kalau saran sih, sama seperti saran2 di komen2 sebelumnya mbak.

    Kalau dulu saya yang sakit malah pas buat tegap

    ReplyDelete