Investasi Emas yang Menguntungkan Serta Berkah

No Comments
Bagi Anda semua yang ingin investasi dengan emas, mungkin artikel di bawah ini dapat membantu Anda untuk Investasi Emas yang Menguntungkan Serta Berkah. Perlu beberapa pertimbangan sebelum Anda memilih emas untuk investasi ke depan. Tanpa banyak basa-basi, langsung saja saya sodorkan artikelnya

1. Tentukan tujuan investasi EMAS Anda

Sebagian dari kita saat memutuskan berinvestasi tidak tahu sama sekali tujuan investasi yang ingin dicapai. Ada yang hanya ikut-ikutan teman, ada pula yang karena trend investasi di masyarakat.

Padahal menentukan tujuan investasi yang ingin dicapai adalah bagian yang penting agar kita bisa menyusun perencanaan keuangan kita dengan baik. Banyak sekali contoh tujuan investasi yang bisa kita ambil sebagai tujuan investasi EMAS, misalkan untuk menikah, pendidikan anak, naik haji, dana pensiun, dll.

2. Tutup mata dan telinga Anda terhadap fruktuasi harga EMAS saat ini


Harga EMAS memang sangat volatile, kadang naik kadang juga turun. Kondisi seperti ini seringkali menghambat kita berinvestasi. Ada yang takut, bagaimana kalau ternyata kedepannya harga EMAS terus turun, ada pula yang takut memulai investasi karena khawatir rugi karena ketidaktepatan membeli EMAS pada saat harganya tinggi.

Jika Anda ingin berinvestasi dalam EMAS, jangan terlalu percaya dengan fruktuasi harga yang terjadi dalam jangka pendek. Kalau sudah punya uang, segera belikan EMAS. Jangan menunggu-nunggu kapan harga EMAS sedang turun, karena hal ini seringkali membuat kita lupa berinvestasi pada akhirnya.

3. Jangan lupakan petunjuk, “Investasi EMAS bukan untuk jangka pendek”




Kalau Anda membeli EMAS sambil berharap untung besar dalam jangka pendek, lupakan saja!
Lebih baik Anda berinvestasi ke instrument investasi yang lain, yang menjanjikan keuntungan jangka pendek.

Jika Anda ingin memperoleh keuntungan dari investasi EMAS, sabarlah menunggu, setidaknya minimal 1 tahun. Sesuai dengan trend harga EMAS, 1 tahun diyakini adalah waktu minimal yang cukup untuk kita menangguk keuntungan dari investasi EMAS. Tentu semakin lama waktu investasinya, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan kita peroleh. Jika berdasarkan trend yang ada, kecenderungan kenaikan harga EMAS berkisar 15-20% per tahun, maka jika saat ini harga 1 gram emas berkisar 500 ribu, tahun depan harganya diyakini akan berubah menjadi sekitar 575 ribu!

4. Untuk investasi EMAS, gunakan hanya uang nganggur Anda



Kadangkala karena terlalu bersemangatnya kita untuk berinvestasi EMAS, kita lupa uang yang kita pakai untuk investasi adalah uang yang kemungkinan akan dipakai dalam waktu dekat. Kita berpandangan, sebelum uang tersebut kita gunakan untuk keperluan lain, lebih baik dibelikan EMAS dulu, baru nanti kalau butuh uang, tinggal dijual lagi EMAS-nya.

Kalau begini prinsip yang kita ambil dalam berinvestasi EMAS, yakinlah kita hanya akan memperoleh kerugian. Investasi EMAS akan terasa menguntungkan jika kita mampu bersabar untuk tidak menjual EMAS yang kita beli, setidaknya dalam jangka 1 tahun.

Kalau mau aman berinvestasi EMAS, investasikan hanya uang nganggur kita. Uang yang kita tidak tahu akan dikemanakan. Daripada mengendap di bank dalam bentuk tabungan biasa atau deposito yang keuntungannya hanya berkisar 5,5% per tahun, belum dikurangi biaya macam-macam, maka tentu lebih baik dialihkan ke dalam bentuk EMAS yang keuntungan per tahunnya berkisar 15-20%.

5. Ikutilah komunitas-komunitas masyarakat pengguna EMAS


Dalam berinvestasi EMAS, untuk menambah semangat dan pengetahuan kita, tidak salahnya jika kita bergabung dengan komunitas-komunitas pengguna EMAS. Di sana kita dapat berbagi tips-tips menguntungkan berinvestasi EMAS.

6. Pastikan EMAS yang kita beli memiliki SERTIFIKAT resmi



1400 tahun yang lalu, untuk menggunakan koin dinar emas dalam kegiatan ekonomi sehari-hari, sertifikat sama sekali “tidak dibutuhkan”. Tetapi saat ini, di mana EMAS baru menjalankan fungsinya sebagai store of value (penyimpan nilai), belum medium of exchange (alat pertukaran), maka adanya sertifikat asli mutlak diperlukan. Ini untuk memudahkan kita dalam menjual kembali EMAS kita saat diperlukan.

Meskipun kadar EMAS bisa dicek dengan cara sederhana mengikuti prinsip hukum Archimedes dalam ilmu fisika, namun EMAS tanpa sertifikat nilainya akan cenderung lebih rendah saat dijual.

Untuk mendapatkan sertifikat asli bersama EMAS yang kita beli, pastikan Anda membeli EMAS pada agen-agen resmi yang terpercaya atau bisa langsung ke PT Antam Jakarta.

7. Jangan lupa bayar Zakatnya, jika sudah sampai Nisabnya.

Dalam Islam, harta yang kita miliki tidak seluruhnya menjadi hak kita, ada miliki orang lain, yang harus kita tunaikan jika sudah mencapai nisabnya. Dan nisab EMAS adalah 85 gram. Jadi jika sudah memiliki 85 gram EMAS segera keluarkan zakatnya sebesar 2,5% agar harta kita menjadi berkah dan terus tumbuh berkembang.

Sumber : http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000014216780/7-tips-agar-investasi-emas-menguntungkan-dan-berkah
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment