Antara Ilmu vs Rezeki

1 comment
Bismillahirrohmanirrohim.
Pelajaran pertama,
Allah telah menjamin Hidup mati, jodoh dan rezeki.
Pelajaran kedua,
Rasulullah bersabda "Carilah ilmu dari mulai dalam gendongan sampai liang lahat".
Dapat kita ambil kesimpulan bahwa carilah ilmu, jangan mencari rezeki!!!, setiap kita mungkin merasa bahwa kita masih bodoh dan tidak ingin belajar untuk menghadapi hal yang baru. Ada apa dengan manusia, padahal dahulu pada saat kita masih bayi, kita sangat ingin mengetahui hal yang baru!!!. Apa mungkin kita sudah lelah, ahhh itu hal yang bodoh (ingat "sesungguhnya seorang muslim tidak pernah istirahat hingga ia berada di surga"). Mungkin yang menjadi penyebab akan ketidak inginan kita untuk belajar adalah :
Pertama , kita mungkin sudah terkena campuran bahan kimia (terkontaminasi red.) yang disebut oleh pergaulan (salah satu dari obat hati adalah "berkumpullah dengan orang saleh"). Kita tidak pernah menyadari apakah yang dapat seorang teman lakukan pada kita, pada saat kita bergaul, kita menemukan banyak sekali hal yang baru, baik itu hal yang baik atau buruk sekalipun, kita tidak pernah mengetahui karena kita kala itu masih sangat muda (ingin mengetahui hal yang baru), didiklah anak Anda untuk menjadi orang yang baik (jangan mendidik anak Anda menjadi pembohong, karena akan membuat dosa-dosa yang baru) dan jangan bergaul dengan orang yang tidak baik (jika masih belum bisa, berikan nasehat yang membangun, tidak selalu menyalahkan si anak).
Kedua, mungkin pendidikan yang selama ini diterapkan di sekolah terlalu formal. Padahal otak kita (pada saat muda) belum dapat menerima hal itu, bahkan mungkin hingga sekarang. Kebanyakan dari kita lebih dapat belajar tanpa ada yang mengajar (pengajar sesungguhnya), kita sering belajar secara otodidak (saat kita berlatih berbicara, dan berjalan) mungkin kita hanya dibantu sedikit oleh orang tua kita, namun kitalah yang berusaha dengan gigih. Untuk sekarang, belajarlah lebih banyak dan imbangilah dengan bermain, agar otak tidak cepat lelah.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment

  1. membaca seluruh blog, cukup bagus

    ReplyDelete